Pengertian Pariwisata

3 min read

Deskripsi: Pengertian Pariwisata dan Industri Pariwisata serta Manfaat dan Jenisnya.


Suka jalan-jalan dan pergi ke tempat wisata? Kegiatan yang satu ini memang sangat menyenangkan dan nagih, ya?

Istilah wisata dan pariwisata memang sudah sangat akrab di kalangan masyarakat, tapi tahukah Anda apa pengertiannya? Agar tidak asal, cari tahu dulu yuk apa pengertian pariwisata.

pengertian pariwisata
pengertian pariwisata

Pengertian Pariwisata Secara Umum

Definisi pariwisata bervariasi dari satu sumber ke sumber lainnya, dan dari satu orang ke orang lainnya. Tidak ada konsensus mengenai definisi pariwisata, karena hampir setiap institusi mendefinisikan istilah ini secara berbeda.

Namun, ketika menjelaskannya dengan istilah-istilah dasar, dapat disimpulkan bahwa pariwisata adalah perpindahan sementara seseorang/sekelompok orang dengan tujuan tertentu.

Bisa juga dikatakan bahwa pariwisata adalah aktivitas individu dalam melakukan perjalanan dan mengunjungi beberapa tempat.

Jangka waktunya sendiri sangat bervariasi, tergantung dari tujuan orang tersebut, tapi paling cepat adalah 24 jam dan maksimum 6 bulan hingga 1 tahun.

Secara umum, para pelancong atau orang-orang yang mengunjungi berbagai tempat dan tujuan wisata disebut sebagai “turis”.

Jenis-Jenis Pariwisata

Berdasarkan letak geografis dan tujuan kedatangan, pariwisata dibagi menjadi beberapa jenis seperti berikut ini:

1. Pariwisata Bisnis

Pariwisata bisnis adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk melakukan kerjasama dagang, membahas masalah bisnis dengan orang/perusahaan tertentu, menghadiri rapat, atau membuka cabang bisnis baru.

2. Rekreasi

Tujuan utama dari wisata rekreasi adalah untuk menjauhkan seseorang dari kehidupan sehari-harinya yang membosankan, dan agar bisa bersenang-senang di perbukitan, pantai, atau tempat menarik lainnya.

3. Pariwisata Pendidikan

Sesuai namanya, jenis pariwisata ini dilakukan untuk mempelajari suatu ilmu pengetahuan. Jenis pariwisata ini disebut juga dengan study tour atau darmawisata.

4. Wisata Budaya

Wisata ini dimaksudkan untuk memuaskan keingintahuan budaya dan intelektual dengan melibatkan kunjungan ke monumen kuno, tempat bersejarah atau religius, dan sebagainya.

5. Pariwisata Domestik

Jenis pariwisata ini melibatkan seseorang/sekelompok orang yang melakukan perjalanan di dalam suatu negara atau perbatasan suatu negara.

Contohnya, seseorang bepergian dari Surabaya ke Jakarta karena alasan tertentu. Jenis pariwisata ini merupakan salah satu tulang punggung perekonomian suatu negara.

6. Pariwisata Internasional

Pariwisata jenis ini melibatkan perjalanan dari satu negara ke negara lain, melintasi perbatasan internasional, atau melalui pos pemeriksaan imigrasi.

Jika ingin melakukan pariwisata internasional, Anda harus memiliki paspor, visa, dokumen kesehatan, dll. Jenis pariwisata ini dibagi lagi menjadi dua macam:

  • Pariwisata inbound: turis yang masuk ke suatu negara. Misalnya seorang turis Amerika yang datang ke Indonesia karena berbagai alasan (rekreasi, kegiatan bisnis, pendidikan, atau yang lainnya).
  • Pariwisata outbound: turis yang keluar atau meninggalkan negara asalnya. Misalnya seorang warga Indonesia yang bepergian ke Amerika untuk liburan.

Industri Pariwisata

Istilah pariwisata sangat erat kaitanya dengan dunia bisnis, atau yang bisa disebut dengan industri pariwisata.

Industri pariwisata adalah salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan penghasil devisa serta lapangan kerja utama bagi banyak negara.

Industri ini terdiri dari banyak sub-industri, seperti transportasi, akomodasi, tempat makan dan minum, toko ritel, bisnis hiburan, dan layanan perhotelan lainnya.

Hal tersebut disediakan untuk individu atau kelompok yang bepergian jauh dari rumah.

Bisa dibilang bahwa pariwisata merupakan industri yang dinamis dan kompetitif, yang membutuhkan kemampuan untuk terus beradaptasi dengan perubahan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Pasalnya, kepuasan, keamanan, dan kesenangan pelanggan merupakan fokus utama dari bisnis pariwisata.

Industri yang Berhubungan dengan Pariwisata

Saat melakukan pariwisata, wisatawan membutuhkan sejumlah fasilitas dan layanan tertentu. Hal ini menimbulkan berbagai macam kegiatan komersial di bidang industri, seperti:

1. Hotel

Industri perhotelan memainkan peran penting dalam pariwisata, karena setiap wisatawan membutuhkan tempat tinggal sementara yang dapat menyediakan layanan serta fasilitas yang sesuai selera/kebutuhan.

2. Restoran / Tempat Makan

Dalam industri perjalanan dan pariwisata, restoran/gerai makanan dan minuman lainnya sangat penting, karena wisatawan suka bereksperimen dengan masakan lokal di tempat yang mereka kunjungi.

3. Ritel dan Tempat Belanja

Industri retail sangat penting karena wisatawan membutuhkan perlengkapan sehari-hari serta untuk mencari cinderamata, seperti garmen, perhiasan, dan barang antik.

4. Transportasi

Industri transportasi yang berkembang dengan baik merupakan bagian integral dari keberhasilan setiap biro perjalanan dan pariwisata di kota dan negara manapun.

5. Agen Perjalanan

Agen perjalanan memainkan peran yang sangat penting. Pasalnya, mereka merencanakan perjalanan klien dan membuat pengaturan yang diperlukan untuk destinasi yang akan dikunjungi, tempat tinggal, akomodasi, dan sebagainya.

Manfaat Pariwisata

Pentingnya pariwisata muncul dari banyaknya manfaat dan keuntungan yang dibawanya, baik bagi turis maupun tuan rumah.

Beberapa contoh manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Seorang turis dari negara tertentu dapat melihat negara lain yang berbeda dan menambah wawasannya.
  • Kegiatan wisata dapat membuat bahagia dan sesaat lupa dengan kesibukan sehari-hari dan masalah lain yang mungkin sedang dihadapi.
  • Dalam skala besar, pariwisata menawarkan alternatif yang baik untuk beberapa industri untuk menghasilkan pendapatan baik secara nasional maupun swasta.
  • Industri pariwisata mencakup banyak wilayah yang berbeda. Dengan demikian, dapat menciptakan lapangan kerja di berbagai wilayah, seperti di hotel, restoran, agen persewaan mobil, perusahaan tour & travel, toko cinderamata, dan banyak lagi.
  • Pengenalan dan pengembangan pariwisata memberikan kesempatan kepada masyarakat lokal untuk pertumbuhan ekonomi dan pendidikan yang sebelumnya tidak tersedia.
  • Pariwisata adalah industri unik yang meningkatkan persatuan antara orang-orang dari berbagai warna kulit, latar belakang, dan tradisi. Selain itu, juga memungkinkan untuk belajar lebih banyak tentang sejarah dan budaya dari masing-masing daerah atau bahkan negara.
  • Beberapa dari pengunjung pariwisata mungkin tertarik untuk membeli properti investasi dan/atau rumah kedua di tempat ia berwisata.
  • Pariwisata menjadi alasan utama negara-negara mengeluarkan uang untuk melindungi dan melestarikan satwa liar lokal, dan bahkan monumen atau bangunan bersejarah di lingkungan pedesaan dan perkotaan.
  • Pariwisata meningkatkan seni budaya, visual, dan pertunjukan di komunitas lokal, sehingga semuanya tetap terjaga dan dilestarikan. Bakat terpendam dari penduduk lokal yang berpartisipasi dalam pertunjukkan juga bisa tersalurkan dan bahkan diapresiasi banyak orang.
  • Jika digunakan dengan benar, pendapatan yang dihasilkan dari pariwisata bisa sangat bermanfaat bagi negara tuan rumah dan komunitas lokalnya.
  • Pendapatan yang dihasilkan dari pariwisata dapat digunakan di tingkat nasional dan lokal untuk pendidikan yang lebih baik, meningkatkan infrastruktur, mendanai upaya konservasi, dan untuk mempromosikan pariwisata negara dengan cara yang lebih baik lagi.
  • Pariwisata membantu mendanai program olahraga dan rekreasi, termasuk fasilitas yang digunakan bersama oleh penduduk lokal dan wisatawan.
  • Semakin banyak tempat wisata lokal yang dieksplore, semakin meningkat pula citra suatu negara di mata dunia.
  • Pariwisata membuat daerah lokal dan bahkan terpencil yang sebelumnya tidak diperhatikan bisa menjadi dikenal/diketahui banyak orang.
  • Dalam beberapa kasus, kegiatan pariwisata dapat mengenalkan masyarakat ke teknologi baru
  • Pariwisata benar-benar membantu dan berkontribusi terhadap pembangunan negara secara keseluruhan dan menuju pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Sekilas, pengertian pariwisata mungkin mirip dengan istilah “perjalanan”. Karena agar pariwisata terjadi, seseorang harus melakukan perjalanan menggunakan segala jenis alat transportasi. Namun, tidak semua perjalanan adalah pariwisata.

                                     
           

UX / User Experience

Deskripsi: Pengertian User Experience (UX), fungsi, dan penggunaannya. User...
Hans
2 min read

Cara Membuat Infografis

Deskripsi: Cara membuat Infografis agar konten semakin mudah di...
Hans
3 min read

Buku Pengembangan Diri

Deskripsi: Buku Pengembangan Diri. Salah satu kunci untuk meraih...
rezky
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *