Pengertian VGA Card

3 min read

VGA Card atau kartu Video Graphics Accelerator merupakan hardware yang membantu komputer, khususnya sebuah monitor dalam menyajikan dan menampilkan kualitas grafik yang bagus.

Kartu Video Graphics Accelerator merupakan komponen yang sangat penting untuk sebuah komputer, jika komputer tersebut digunakan untuk memainkan game yang menampilkan grafik atau gambar yang baik dan bagus.

Pada dasarnya, VGA Card memberikan kualitas grafik yang sangat bagus untuk sebuah komputer. Tidak hanya grafik saja, performa sebuah komputer juga menjadi meningkat karena adanya VGA Card.

Hal ini juga yang membuat para gamer menambahkan komponen VGA Card di dalam Motherboardnya. Berikut ini pembahasan mengenai pengertian VGA Card, fungsi, jenis dan komponen VGA Card.

Pengertian VGA Card
pengertian VGA card, via canva.com

Pengertian VGA Card

Secara umum pengertian VGA Card merupakan hardware atau perangkat keras yang berguna sebagai pengolah data grafik dan kemudian data tersebut di tampilkan kedalam layar monitor.

Di dalam Video Graphics Accelerator juga terdapat sebuah processor yang di sebut dengan Graphics Processing Unit atau yang disingkat dengan GPU. Tidak hanya itu, didalam VGA Card juga terdapat sebuah memory.

Di dalam sebuah Motherboard, umumnya telah terdapat perangkat keras atau hardware berupa VGA Card yang sudah tertanam.

VGA Card yang sudah tertanam pada Motherboard ini disebut dengan On-Board Video. Sedangkan untuk VGA yang sudah tertanam di dalam Central Processing Unit atau CPU, disebut dengan Accelerated Processing Unit dan disingkat dengan APUs.

Kelebihan dari menggunakan perangkat keras berupa VGA Card yang sudah tertanam adalah dapat mengurangi biaya, karena harga untuk perangkat keras ini bisa di kategorikan relatif mahal.

Dengan menggunakan VGA Card yang tertanam juga lebih sedikit menggunakan konsumsi daya. VGA Card jenis ini cocok untuk Anda yang tidak memerlukan tampilan grafik tinggi dalam penggunaan layar monitor.

Fungsi VGA Card

Fungsi utama pada VGA Card adalah untuk mengolah dan membaca data garfis digital yang diterima pada sebuah komputer, kemudian data tersebut diterjemahkan dalam bentuk tampilan grafik.

Dengan VGA Card, layar yang dihasilkan lebih presisi dan lebih baik dalam kualitas grafis. Semakin bagus VGA Card yang digunakan, maka semakin bagus juga hasil garfik yang ditampilkan ke dalam layar monitor.

Selain membuat tampilan grafik menjadi lebih bagus saat bermain game, VGA Card juga membuat tampilan pada layar monitor menjadi lebih jernih, jelas dan tajam.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan Setting Grapics pada menu option Windows. Dan tampilan paduan warna dan kecepatan transfer grafis menjadi lebih cepat di bandingkan menggunakan VGA Card bawaan dari Motherboard.

Jenis Teknologi VGA Card

Untuk jenis-jenis VGA Card secara umum telah mengalami perubahan yang begitu besar. Tidak hanya dari segi tampilan saja, dari performa yang dihasilkan juga menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Jenis VGA Card dikategori kan berdasarkan tampilan fisik dan sistem bus periheralnya. Berikut ini jenis Video Graphics Accelerator Card berdasarkan jenis teknologi yang sering digunakan.

1. VGA ISA

Untuk yang jenis pertama adalah VGA ISA, merupakan VGA Card yang hanya support slot ISA dengan mekanik bus I/O 8 bit atau 16 bit.

Pada jenis perangkat keras atau hardware ini, telah banyak ditinggal kan konsumen. Alasannya karena performa yang dihasilkan dan ditampilkan kurang bagus. Dan juga proses kecepatan transfer data sangat lambat.

2. VGA EISA

VGA EISA merupakan jenis VGA yang support dengan slot EISA, pada slot ini juga mendukung bus I/O 32 bit. Untuk jenis perangkat keras atau hardware ini juga sudah lama ditinggal kan.

Faktor yang menjadi penyebab sama dengan VGA jenis ISA, yaitu performa grafik yang dihasilkan dan ditampilkan kurang bagus. Dan juga proses kecepatan dalam transfer data sangat lambat.

3. VGA PCI

VGA PCI merupakan perangkat keras atau hardware yang di dalam slot nya berjenis PCI. Dengan bus I/O 32 bit dan 64 bit yang terdapat di dalam slot PCI.

VGA Card jenis ini juga jarang sekali digunakan. Hal yang menjadi penyebabnya adalah fitur-fitur yang di hasilkan dari VGA Card ini sangat terbatas dan kualitas grafik yang di tawarkan masih belum bagus.

4. VGA AGP

Jenis VGA yang keempat ini adalah VGA AGP, jenis VGA ini dikategorikan populer. Hal ini karena VGA ini sampai sekarang masih banyak digunakan oleh pengguna Komputer.

VGA ini juga sudah menggunakan slot expansi AGP. Dengan slot bus I/O nya 128 bit dan 256 bit. Dengan slot yang digunakan tersebut hasil garfik yang ditampilkan menjadi lebih bagus dan transfer data yang cepat.

5. VGA PCIe

Untuk jenis VGA Card yang terakhir adalah jenis yang menggunakan slot Pcle. VGA jenis ini juga banyak digunakan, hal ini karena kemampuan kecepatan data transfernya hingga 32 Gbyte dalam setiap detik.

Jenis VGA ini juga merupakan pembaharuan dari PCI Express sebelumnya. Hasil dari performa VGA ini juga tidak perlu diragukan lagi. Hasil grafik yang bagus dan kecepatan data transfer yang sangat cepat.

Komponen VGA Card

Memiliki bentuk fisik seperti papan sirkuit kecil dan diatas nya terdapat sebuah komponen pendukung Video Graphics Accelerator Card agar dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

Di dalam komponen tersebut terdapat Graphics Processing Unit atau GPU, Heat sink, dan Memory. Berikut ini pembahasannya secara singkat:

1. Graphics Processing Unit

Komponen yang pertama adalah Graphics Processing Unit. GPU merupakan komponen yang sangat penting dalam VGA Card.

Memiliki bentuk fisik sebagai sirkuit yang digunakan untuk mengonversikan sebuah data dengan sangat.

Kemudian GPU juga merubah data tersebut agar mempercepat pembuatan gambar yang ada di frame buffer. Singkatnya GPU merupakan Processor di dalam VGA.

2. Heat sink

Pada komponen kedua ini merupakan Heat sink yang terdapat di dalam VGA Card. Komponen ini juga merupakan komponen baru yang di kembangkan.

Hal ini juga yang membuat komponen ini hanya ada pada VGA Card jenis terbaru. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai peredam suhu pada GPU.

Biasanya juga, komponen ini dilengkapi dengan kipas agar dapat mengeluarkan suhu panas dari GPU.

3. Memory

Komponen terakhir yang terdapat di dalam VGA Card adalah Memory. Memory di VGA Card berguna sebagai menyimpan tekstur dan informasi grafis yang telah disetting sebelumnya.

GPU mendapatkan data dari Memory kemudian diolah dan disimpan kembali kedalam Memory. Selanjutnya disalurkan ke RAMDAC untuk dapat ditampilkan kedalam sebuah layar monitor Anda.

Perangkat keras VGA Card berperan penting dalam menentukan sebuah grafik tampilan layar monitor.

VGA Card dengan kualitas tinggi dapat menampilkan grafik yang smooth. Anda juga perlu memperhatikan jenis komputer yang dimiliki untuk mengupgrade perangkat ini agar kompatibel.

Baca juga: Pengertian Motherboard

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *