Apa itu Email Blast?

2 min read

Deskripsi: Mengenal apa Itu Email Blast, fungsi dan kegunaannya.


Marketing di dunia digital tentu sangat terbilang lebih fleksibel. Kapanpun dan dimanapun Anda masih bisa menjalankan aktivitas marketing.

Email blast adalah bagian dari strategi marketing masa kini. Anda bisa menghemat waktu dan tenaga untuk mengirimkan promosi.

Tidak perlu kirim satu persatu, dalam sekali waktu Anda bisa mengirimkan email ke semua kontak yang ada.

Bagaimana, semakin tidak sabar mengetahui apa itu email blast dan bagaimana cara menggunakan layanan email marketing tersebut?

Berikut akan kami ulas informasi selengkapnya untuk Anda.

Pengertian Email Blast

Apa itu Email Blast?

Email blast adalah aktivitas mengirimkan email kepada banyak penerima sekaligus secara bersamaan. Singkatnya, Anda bisa mengirimkan mengirimkan email ke banyak orang dalam waktu yang bersamaan.

Aktivitas tersebut biasanya dilakukan oleh beberapa perusahaan dengan tujuan untuk melakukan pemasaran. Tentu saja strategi ini terbilang sangat memudahkan dan mempercepat proses promosi.

Dengan email blast, Anda tidak perlu mengirimkan email satu demi satu kepada penerimanya. Karena hanya dengan satu langkah, Anda sudah dapat mengirimkan email pada banyak kontak penerima sekaligus.

Tips Memilih Platform Email Blast

Karena tidak tersedianya fitur yang lengkap pada layanan email biasa, Anda dapat memanfaatkan beberapa platform yang khusus.

Yang mana platform tersebut tidak hanya memiliki fitur yang lengkap, tetapi juga dapat mengirim email dalam jumlah sangat banyak sekaligus.

Tentu saja sangat penting bagi Anda memilih penyedia email blast terbaik sesuai kebutuhan bisnis.

Nah, berikut ini beberapa tips dasar yang perlu Anda ketahui untuk menemukan platform penyedia email blast yang tepat.

1. Mengenali Kebutuhan Anda

Mengenali kebutuhan promosi menjadi hal yang perlu dijadikan pertimbangan sebelum memilih platform email blast.

Setiap layanan email marketing memiliki spesifikasi dan juga fitur yang berbeda-beda.

Dengan mengetahui kebutuhan dan tujuan yang diinginkan, Anda dapat memilih platform yang paling tepat.

2. Memilih Platform Gratis Atau Berbayar

Ada beberapa aplikasi email blast gratis yang dapat dimanfaatkan, contohnya adalah seperti MailChimp.

Namun, layanan email gratis tersebut tentunya memiliki banyak kekurangan dan juga fitur yang terbatas.

Lain halnya dengan penyedia platform berbayar. Dengan menggunakan platform berbayar, Anda akan mendapatkan beberapa kelebihan.

Seperti diantaranya fitur yang lebih lengkap serta tingkat keamanan yang lebih terjamin.

3. Desain Template Email

Setiap platform menyediakan fitur template yang berbeda. Hal ini juga perlu menjadi pertimbangan.

Karena dengan banyaknya fitur template yang tersedia, maka Anda akan dapat membuat tampilan email menjadi lebih menarik.

4. Segmentasi Audiens

Anda harus memperhatikan segmentasi audiens dengan memilih platform yang memiliki fitur sesuai.

Ada beberapa kriteria segmentasi audiens, antara lain dengan memperhatikan beberapa aspek seperti berikut ini:

  • Tipe konsumen
  • Minat konsumen
  • Lokasi konsumen dan lain sebagainya.

5. Tersedianya Layanan Customer Support

Memilih penyedia email blast yang menyediakan layanan customer support juga penting untuk dipertimbangkan.

Saat awal menggunakan dan menemui kendala maka Anda tidak lagi bingung mengatasinya sendiri.

Layanan customer support akan membantu mengatasi masalah Anda.

6. Analisis Email Marketing

Analisis perkembangan email marketing yang Anda kirimkan kepada konsumen juga perlu dilakukan secara berkala.

Dengan demikian, Anda dapat mengetahui seberapa potensial kampanye yang dilakukan melalui email marketing.

Anda juga perlu memastikan bahwa platform yang dipilih memiliki fitur tersebut.

Dengan demikian, Anda dapat melakukan analisa sejauh mana keberhasilan promosi yang dilakukan melalui email marketing selama ini.

Contoh Aplikasi Email Blast yang Recommended Untuk Anda

Email blast adalah salah satu strategi pemasaran era digital yang sangat menarik untuk dicoba. Aktivitas promosi akan sangat terbantu dan tentunya semakin optimal.

Nah untuk Anda yang bingung memilih penyedia aplikasi email blast, berikut ini kami berikan rekomendasinya.

1. MailChimp

MailChimp merupakan aplikasi yang dapat digunakan secara gratis. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengirimkan setidaknya 12.000 email perbulan secara gratis.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh MailChimp antara lain:

  • Segmentasi audiens
  • Template email
  • Laporan analisis email marketing dan lain sebagainya

2. Vertical Response

Vertical Response juga merupakan aplikasi yang dapat diakses secara gratis juga. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat mengirimkan 4000 email pada 300 orang penerima saja.

Fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi ini antara lain:

  • Template yang kompatibel untuk perangkat mobile
  • Email editor
  • Kontak list management
  • Facebook dan Twitter sharing
  • Report dan analisis
  • HTML editor
  • Email otomatis dan lain sebagainya

3. Benchmark

Benchmark juga menyediakan email marketing dengan versi gratis. Setidaknya Anda dapat mengirimkan 14.000 email pada 2000 orang pengguna apabila menggunakan aplikasi tersebut.

Fitur gratis yang disediakan oleh Benchmark antara lain:

  • Template yang responsif
  • Sign up form
  • Desain email
  • Email delivery management
  • List dan segmentasi
  • Google analysis tracking dan lain sebagainya.

4. Zaho Champaign

Pada Zaho Champaign, Anda dapat melakukan pengiriman email maksimal 12.000 email perbulan pada 2000 pengguna.

Pada layanan gratis dari Zaho Champaign, Anda dapat mengakses semua fitur email.

Kecuali fitur email otomatis yang hanya bisa diakses dengan metode berbayar.

Bagaimana, Semakin Siap Menggunakan Email Blast?

Email blast adalah metode marketing yang dijalankan dengan cara mengirimkan email sekaligus kepada beberapa pengguna secara bersamaan.

Dengan email marketing, aktifitas promosi menjadi lebih mudah, cepat dan juga relevan. Anda bisa menjangkau target pasar yang lebih luas dengan waktu yang lebih singkat.

Bagaimana, semakin tertarik menggunakan salah satu email blast untuk proses promosi bisnis Anda? Semoga ulasan mengenai email blast di atas cukup membantu, ya?

Selamat mencoba menaikkan engagement dan arus transaksi di dalam bisnis Anda!

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

Apa itu Trello?

Deskripsi: Pengertian Trello, fungsi dan cara kerjanya. Apakah Anda...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *