Broadcasting Pada Media Penyiaran

3 min read

Deskripsi: Apa itu Broadcasting? Pengertian Broadcasting, Jenis dan Ruang Lingkup pada Media Penyiaran.


Pada zaman ini, teknologi berkembang dengan sangat cepat. Perkembangan tersebut berbanding lurus dengan perkembangan arus informasi yang semakin cepat.

Hal tersebut didukung dengan adanya platform telekomunikasi yang bertebaran di mana-mana.

Salah satu cara menyebarkan informasi yang paling cepat dan dapat menjangkau masyarakat yang luas adalah dengan menggunakan siaran atau broadcast.

Pengertian broadcast sendiri adalah pengiriman informasi berbentuk audio maupun video yang tergolong sebagai penyampaian informasi satu arah. Karena, tidak ada timbal balik antara penonton dan penyiar secara langsung.

Apa itu Broadcasting?

Pengertian Broadcasting merupakan salah satu cabang dari ilmu komunikasi yang bergerak di bidang penyiaran. Broadcast sering dikaji tentang cara membuat konten untuk siaran mulai dari pra produksi, produksi, sampai dengan pasca produksi.

Bagian yang sangat penting dalam membuat konten penyiaran adalah cara membuat konten yang enak dilihat, didengar, dan informasi yang disampaikan dapat diterima masyarakat.

Karakteristik yang dimiliki oleh broadcasting adalah untuk memberi atau membagikan informasi, mendidik, dan menghibur.

Proses pengiriman informasi seringkali menggunakan jaringan nirkabel maupun jaringan dengan menggunakan kabel.

Penggunaan jaringan kabel membutuhkan biaya yang lebih mahal daripada jaringan nirkabel. Akan tetapi untuk jaringan kabel, kualitas signal tidak tergantung oleh keadaan ionosfer.

Jaringan nirkabel banyak sekali digunakan mengingat penggunaannya yang fleksibel dan komponen yang diperlukan juga lebih sedikit. Namun, apabila cuaca di bagian ionosfer sedang tidak menentu maka signal akan terganggu.

Informasi yang disampaikan melalui metode broadcast berbentuk suara, gambar, video, dan lain sebagainya. Seringkali penyiaran informasi dilakukan dengan teknologi televisi dan radio.

Hal ini karena dapat menjangkau nyaris seluruh kalangan masyarakat yang ada.

Broadcasting pada era saat ini juga menggunakan platform youtube, instagram, dan lain-lain. Keuntungan yang diperoleh juga lebih besar serta modal yang dibutuhkan juga relatif kecil. Namun, sangat memerlukan kreatifitas dan karakter yang kuat.

Ruang Lingkup Broadcasting

Setelah mamahami apa itu pengertian broadcasting, mari kita bahas ruang lingkupnya.

Agar informasi yang ingin disampaikan menjadi tepat sasaran atau diterima oleh masyarakat sebagai target utama.

Informasi tersebut harus dikemas dengan kemasan yang menarik dan unik. Pesan yang akan disampaikan dapat disiarkan melalui media elektronik seperti radio, televisi, dan internet.

Berikut ini adalah ruang lingkup broadcasting.

  1. Presenter
  2. Wartawan
  3. Kameramen
  4. Orang yang berpartisipasi di dunia perfilman (sutradara, aktor, kameramen, editing, dan lain-lain).

Jenis-jenis Media

Media merupakan sebuah tempat untuk meletakkan sebuah informasi. Anda dapat mengetahui informasi yang berada pada belahan bumi lain karena keberadaan media.

Media memiliki peran yang sangat vital untuk mengendalikan opini publik. Media sendiri dapat dibedakan menjadi media cetak dan media elektronik.

1. Media Cetak

Kata media berasal dari “Medius” yang artinya adalah pengantar atau perantara. Dapat disimpulkan bahwa, media digunakan sebagai perantara informasi dari penyiar ke masyarakat luas.

Informasi yang disampaikan juga bermacam-macam. Seperti peristiwa sosial, budaya, politik, pendidikan dan lain sebagainya. informasi yang disampaikan juga harus aktual dan terpercaya (fakta).

Informasi yang disampaikan oleh media cetak akan dicetak pada selembar kertas. Contohnya seperti, majalah, koran, jurnal, dan lain-lain.

Penggunaan media cetak untuk menyampaikan sebuah berita memberikan dampak yang merugikan maupun menguntungkan.

Berikut ini keuntungan dari media cetak.

  1. Repeatable
  2. Analisa jauh lebih tajam.
  3. Berikut ini kekurangan dari media cetak.
  4. Proses produksi memakan waktu yang lama,
  5. Tidak ada audio,
  6. Tampilan visual terbatas,
  7. Biaya produksi mahal.

2. Media Elektronik

Seperti namanya, media elektronik menggunakan perangkat yang berhubungan dengan listrik. Beberapa perangkat tersebut hanya bisa digunakan apabila terhubung dengan sumber energi listrik.

Media ini seringkali memanfaatkan jaringan kabel maupun nirkabel untuk dapat menyampaikan informasi.

Penggunaan jaringan kabel pada media elektronik memberikan keuntungan untuk kualitas sinyal tidak akan terganggu oleh cuaca di ionosfer.

Apabila kabel yang digunakan tidak memiliki pelindung, maka akan ada kemungkinan terjadi pengaruh interferensi medan listrik.

Penggunaan jaringan nirkabel merupakan sarana yang sangat praktis dan mudah untuk melakukan broadcast. Hal ini karena signal yang dipancarkan dapat menjangkau area yang sangat luas.

Namun, kualitas sinyal yang dipancarkan sangat tergantung pada cuaca pada bagian ionosfer. Karena, ionosfer berfungsi sebagai media untuk memantulkan sinyal sehingga jangkauannya jauh lebih luas.

Berikut ini beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh media elektronik.

  1. Arus informasi sangat cepat.
  2. Menyediakan audio informasi dalam bentuk audio dan video.
  3. Menjangkau area yang luas.

Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki media elektronik.

  1. Tidak ada pengulangan berita.
  2. Harga komponen pendukung relatif mahal.

3. Media Online

Media online memiliki karakteristik yang mirip dengan kedua jenis media di atas. Media online semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Media jenis ini memanfaatkan jaringan internet untuk menyampaikan informasi.

Penggunaan sistem jaringan berskala besar seperti MAN dan WAN berperan sangat penting dalam mempercepat informasi. Sayangnya, biaya investasi untuk memasang infrastruktur tersebut sangat mahal.

Informasi yang diakses dengan media online sering kali kurang akurat dan terpercaya. Orang yang membuat berita tersebut sulit dibuktikan kredibilitasnya.

Seringkali terdapat penulis yang belum berpengalaman. Mereka menulis dengan menambahkan opini yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Sehingga, Anda harus berhati-hati pada saat menggunakannya.

Berikut ini adalah keunggulan yang dimiliki oleh jenis media online.

  1. Arus informasi sangat cepat.
  2. Terdapat audio visual.
  3. Terdapat informasi berbentuk teks.
  4. Praktis dan fleksibel.

Berikut ini beberapa kekurangan dari media online.

  1. Belum tentu akurat (kecuali, situs terpercaya).
  2. Tergantung keadaan signal.

Broadcast merupakan penyiaran informasi yang dilakukan secara masif. Penyiaran dengan cara ini sangat efektif untuk menjangkau area yang sangat luas. Terdapat beberapa kekurangan keunggulan, tetapi yang ditawarkan juga sangat banyak.

Nah, itulah pembahasan tentang pengertian broadcasting dan ruang lingkupnya pada media penyiaran. Semoga bermanfaat.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *