Pengertian NFC

3 min read

Deskripsi: Pengertian NFC, fungsi dan cara kerjanya.


Saat melihat review tentang smartphone terbaru, kadang dibuat bingung dengan penyebutan kata NFC.

Salah satu fitur baru dalam dunia ponsel pintar ini memang baru disematkan pada smartphone kelas menengah ke atas.

Tidak heran rasanya jika masih banyak orang belum mengetahui dan cenderung bertanya-tanya tentang apa sebenarnya fungsi dari NFC ini.

NFC pada smartphone sejatinya merupakan komponen yang dapat membantu dalam bertransaksi secara nirkabel.

Cara kerjanya bisa dikatakan hampir sama dengan Wifi atau Bluetooth yang memanfaatkan gelombang radio.

Hanya saja, jarak jangkauannya sangat pendek dibandingkan dengan wifi atau bluetooth.

Di pembahasan artikel ini, akan dibahas pengertian NFC lebih jauh lagi.

Pengertian NFC
pengertian NFC, design with canva.com

Pengertian NFC

NFC atau juga disebut Near Field Communication merupakan salah satu teknologi komunikasi jarak dekat antara dua perangkat yang memiliki fasilitas komunikasi yang sama.

Teknologi dan cara kerja hampir sama dengan Bluetooth. Namun memiliki jarak jangkauan yang jauh lebih pendek, yaitu kurang dari 10 cm. Selain itu, NFC juga tidak memerlukan proses pairing seperti Bluetooth

Teknologi NFC, biasanya disematkan pada smartphone dan juga mesin pembayaran pada toko atau gerbang tol. Hal ini tentu menjadi terobosan bagi siapapun yang membutuhkan kemudahan dalam proses pembayaran.

Untuk penggunaan daya, NFC menggunakan lebih sedikit daya dibandingkan bluetooth atau wifi. Ini merupakan salah satu keunggulan NFC dibanding jaringan lainnya.

NFC yang disematkan pada telepon genggam atau smartphone memungkinkan siapapun untuk bertukar informasi pribadi dengan perangkat lain.

Pengaturan keamanan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan saat proses transaksi dilakukan.

Karena apapun yang berkaitan dengan transaksi pembayaran, sangat rawan terhadap pencurian data pribadi.

Fungsi NFC

Keandalan teknologi NFC sebagai metode komunikasi antar perangkat sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Hal itu membuatnya menjadi salah satu fitur tambahan pada smartphone modern. Untuk dapat mengetahui berbagai manfaat yang diberikan oleh teknologi NFC, berikut beberapa contohnya.

1. Transaksi Pembayaran

Penerapan teknologi NFC yang sangat sering dilakukan adalah untuk transaksi pembayaran. Penggunaan e-Money dalam setiap pembayaran dirasa sangat cepat dan mudah.

Saat ingin melewati gerbang Tol, Anda tidak perlu menyiapkan uang kas lagi untuk bertransaksi. Anda hanya cukup menempelkan kartu Tol elektronik pada mesin pembayaran.

Jika sebuah smartphone sudah memiliki fitur NFC, kartu e-Money, e-Tol atau sebagainya bisa digantikan dengan smartphone tersebut.

Jika kartu-kartu tersebut tertinggal, Anda masih bisa menggunakan HP dengan fitur NFC untuk tetap bisa bertransaksi.

2. NFC Tag

Fitur NFC tag memungkinkan Anda untuk mengaktifkan fungsi pada smartphone dengan menempelkannya pada NFC Tag. Jika ingin check in, Anda hanya perlu menempelkan smartphone pada NFC Tag.

Seperti ketika ingin membuka pintu dengan NFC, yang perlu dilakukan adalah melambaikan smartphone di depan pintu dan pintu akan otomatis terbuka.

3. Transfer File

Teknologi NFC juga dapat digunakan untuk melakukan transfer file berupa foto, dokumen atau video.

Cukup dekatkan perangkat satu dengan lainnya, maka proses perpindahan file akan berlangsung dengan cukup cepat.

Meski tidak secepat bluetooth, teknologi ini masih lebih unggul dari sisi kecepatan untuk saling terhubung, yaitu kurang dari 10 detik.

4. Bermain Game Multiplayer

Jika kita berada dalam satu meja yang sama dengan teman kita, hal itu bisa dimanfaatkan untuk bermain game multiplayer.

Dengan menggunakan teknologi NFC, smartphone yang memiliki fitur yang sama dapat saling terhubung satu sama lain.

5. Cek Saldo e-Tol

Ketika ingin melewati jalan Tol, kita sering khawatir dengan sisa saldo di dalam e-Toll  mencukupi atau tidak.

Memanfaatkan fitur NFC pada smartphone, sebenarnya Anda juga bisa mengecek jumlah saldo yang ada pada kartu tol elektronik Anda tersebut.

Hal ini dapat membantu Anda dalam memastikan ketersediaan saldo saat ingin digunakan.

Cara Kerja NFC

Cara kerja NFC sebenarnya sedikit mirip dengan bluetooth atau wifi, karena teknologi ini juga memanfaatkan gelombang radio sebagai sarana untuk mengirimkan data.

Pada NFC, teknologi yang digunakan berupa Radio-frequency identification (RFID) jenis lama yang mengirimkan data atau informasi menggunakan induksi elektromagnetik.

Pada komponen pasif, seperti e-Money atau e-Tol, NFC bisa digunakan untuk menginduksi arus listrik sebagai pengirim data saja.

Sementara pada perangkat NFC aktif, seperti pada smartphone atau mesin pembaca kartu elektronik, teknologi NFC di dalamnya dapat mengirim sekaligus menerima data.

Selain itu, komponen pasif tidak harus memiliki daya, dan hanya mengandalkan gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh komponen aktif NFC ketika keduanya didekatkan.

Teknologi NFC bekerja pada frekuensi 13,56 MHz. Artinya, kecepatan transfer data yang bisa dihasilkan mulai dari 106, 212 hingga 414 kilobit tiap detiknya. Cukup tinggi untuk kebutuhan sehari-hari.

Kelebihan dan Kekurangan NFC

Mengadopsi cara kerja yang hampir sama dengan Bluetooth maupun Wifi, tentu teknologi ini memiliki kelebihan maupun kekurangan dibanding kedua jaringan tersebut.

Agar lebih mudah dalam memahaminya, berikut akan dijelaskan poin demi poin kelebihan dari teknologi NFC.

1. Sistem Keamanan yang Lebih Baik

Jika dibandingkan dengan bluetooth atau wifi, NFC yang memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Salah satu alasannya adalah jarak jangkauan dari sistem komunikasi NFC yang kurang dari 10 cm.

Sehingga, akan sulit bagi peretas untuk mencuri data tanpa mendekati perangkat NFC yang bersangkutan.

2. Dapat Membuka Aplikasi Secara Otomatis

Sebuah aplikasi pada smartphone dapat berjalan secara otomatis dengan memanfaatkan NFC Tag,. Tanpa harus kembali ke menu awal, keluar dari aplikasi sebelumnya dan hal-hal lain yang cukup merepotkan.

Hanya dengan mendekatkan smartphone pada NFC Tag, sebuah aplikasi pendukung akan segera terbuka. Fitur ini adalah yang pertama kali dibawa pada perilisan teknologi NFC.

Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dari sebuah lokasi dengan melakukan check-in melalui LBS atau Location Based Service memanfaatkan fitur NFC ini.

3. Transaksi Menjadi Lebih Mudah

Teknologi NFC memiliki kelebihan yang tidak perlu diragukan lagi. Jika dulu Anda harus membayar secara manual saat ingin masuk ke gerbang tol, atau melakukan transaksi pembayaran.

Teknologi ini dapat mengubah hal tersebut menjadi lebih mudah. Hanya berbekal kartu elektronik di tangan, transaksi dapat selesai tanpa menunggu uang kembalian.

4. Memberi Tugas Tertentu

Ketika sedang sibuk dengan pekerjaan, terkadang Anda merasa cukup kerepotan untuk sekedar mengirimkan pesan. Namun, fitur NFC pada smartphone adalah jawaban dari masalah tersebut.

Salah satu tugas yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan NFC adalah mengirim pesan dengan cara tap ponsel pada tag yang dibuat.

Berdasarkan pengertian NFC di atas, dapat disimpulkan bahwa ternyata ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh teknologi NFC dibandingkan Bluetooth atau Wifi.

Salah satunya dari segi keamanannya. Anda juga semakin memahami NFC dari fungsi dan cara kerja yang sudah dijelaskan di atas dan dapat memanfaatkan NFC dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Apa itu Android?

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *