Pengertian Poster

3 min read

Deskripsi: Pengertian poster, fungsi poster, ciri-ciri dan jenisnya.


Anda tentu sering melihat poster yang umumnya ditempelkan di papan pengumuman atau tempat-tempat umum.

Pengertian poster sendiri adalah sarana atau media yang digunakan untuk memperkenalkan produk, promosi, atau memberitahukan suatu informasi.

Poster biasanya memadukan tulisan, gambar, dan grafis sehingga lebih menarik, namun harus tetap informatif.

Untuk mengetahui apa itu poster, ciri-ciri, dan jenisnya, Anda bisa menyimak penjelasannya yang diulas di bawah ini.

pengertian poster
pengertian poster

Pengertian Poster Menurut Ahli

Poster menurut pendapat Azhar Arsyad yaitu sebuah media dua dimensi visual berisi tulisan singkat dan gambar ilustrasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai suatu hal, dan mampu mempengaruhi, membujuk, dan menarik minat orang yang melihat dan membacanya.

Sri Anitah juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian poster sebagai suatu gambar yang merupakan kombinasi dari berbagai unsur visual, seperti gambar, garis, dan kata-kata untuk menyampaikan pesan secara singkat dan menarik perhatian pembaca.

Dari pendapat beberapa ahli, maka dapat disimpulkan bahwa poster adalah suatu media atau sarana untuk mempublikasikan suatu informasi dengan memadukan gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin.

Poster dapat dijumpai dengan mudah di tempat-tempat yang ramai dan strategis, seperti halte bus, sekolah, pusat perbelanjaan, puskesmas, pasar, dan fasilitas umum lainnya.

Poster juga harus dibuat semenarik mungkin agar tidak terkesan mengotori tempat di mana poster tersebut ditempelkan.

Fungsi dan Tujuan Poster

Poster berfungsi untuk membujuk dan mempengaruhi, sehingga pembaca menjadi tertarik dengan informasi yang terdapat pada poster.

Poster juga berfungsi sebagai media untuk memperkenalkan dan mempromosikan barang atau jasa kepada khalayak luas.

Dibandingkan dengan promosi menggunakan media televisi atau radio, biaya promosi menggunakan poster lebih terjangkau.

Sebagai salah satu bentuk seni grafis dua dimensi, poster menjadi sarana menuangkan dan mengembangkan kreativitas para desainer grafis.

Poster memiliki sifat subjektif, sehingga pembuatannya sesuai dengan keinginan si pembuat poster itu sendiri. Tujuan dibuatnya poster antara lain sebagai berikut:

  1. Memberitahukan suatu informasi mengenai kegiatan atau acara yang ingin diselenggarakan kepada masyarakat luas, seperti acara bazaar, kegiatan donor darah, festival budaya, dan lain sebagainya.
  2. Mengenalkan suatu produk barang atau jasa kepada masyarakat, sehingga masyarakat tertarik untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.
  3. Menyampaikan informasi penting berisi imbauan atau nasehat kepada masyarakat, seperti ajakan untuk menjaga kebersihan lingkungan, memakai masker di masa pandemic covid-19, program posyandu, dan lain sebagainya.
  4. Mengingatkan masyarakat untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, seperti larangan merokok di ruang publik, larangan membuang sampah sembarangan, dan kegiatan lainnya yang merugikan.

Ciri-ciri Poster

Setelah memahami mengenai pengertian poster, ada beberapa hal yang membedakan antara poster dengan media publikasi dua dimensi lainnya.

Berikut ini karakteristik atau ciri-ciri poster:

  • Poster harus menggunakan desain dengan komposisi huruf dan gambar di atas bidang datar, seperti kertas atau kain dengan ukuran yang cukup besar. Dengan demikian, poster akan dapat dilihat dan dibaca dengan mudah.
  • Poster dipasang dengan cara ditempelkan pada bidang yang memiliki permukaan datar dan rata seperti dinding. Selain itu juga di papan pengumuman yang ada di tempat-tempat ramai dan strategis, agar pesan dan informasi dapat tersampaikan ke masyarakat secara luas dengan efektif.
  • Menggunakan gambar yang dibuat dan dirancang dengan menerapkan teknik pewarnaan yang kontras dan pemilihan warna yang berani (mencolok), sehingga pesan atau isi informasi lebih mudah dimengerti.
  • Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas agar pembaca lebih mudah memahami isi poster dan mampu meninggalkan kesan yang mendalam.

Jenis-jenis Poster

Secara garis besar, pengertian poster memang sebagai media menyampaikan informasi kepada masyarakat luas melalui tulisan dan gambar yang dipadukan.

Namun, poster juga terdiri dari 2 jenis yang dibedakan berdasarkan isi dan tujuan, yaitu sebagai berikut:

1. Berdasarkan Isi

Poster dapat dibedakan berdasarkan isi informasi yang dimuat. Berdasarkan isinya, poster dapat dibagi lagi menjadi beberapa kategori antara lain sebagai berikut:

  • Poster layanan masyarakat merupakan poster yang berisi informasi yang bertujuan mengedukasi masyarakat mengenai suatu hal, misalnya kampanye anti narkoba, bahaya rokok, atau program Keluarga Berencana (KB).

contoh poster imunisasi campak

  • Poster niaga merupakan poster yang dibuat dengan tujuan komersial untuk menawarkan suatu produk barang atau jasa dan membujuk masyarakat untuk menggunakannya.

contoh gambar poster niaga makanan

  • Poster pendidikan merupakan poster yang berisi tentang informasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan dan bertujuan untuk mendidik dan mengedukasi masyarakat.

contoh gambar poster pendidikan

  • Poster kegiatan merupakan poster yang dibuat untuk memberitahukan suatu informasi mengenai kegiatan yang akan diselenggarakan, misalnya poster festival budaya atau pameran seni.

contoh gambar poster kegiatan atau event pentas seni

  • Poster karya seni memiliki sifat yang ekspresif dan unik, sehingga antara satu orang dengan orang lainnya belum tentu mengartikannya atau menafsirkannya dengan cara dan pandangan yang sama.

contoh gambar poster lingkungan

2. Berdasarkan Tujuan

Selain berdasarkan isinya, poster juga dibuat berdasarkan tujuan dengan mengedepankan pada cara penyampaian informasi.

Berikut ini beberapa contoh poster berdasarkan tujuannya:

  • Poster kampanye yaitu jenis poster yang bertujuan untuk menarik simpati masyarakat terhadap suatu partai atau calon kandidat yang akan maju dalam pemilihan umum. Jenis poster seperti ini dapat dengan mudah ditemui ketika menjelang pemilu.

contoh gambar poster kampanye

  • Poster propaganda yaitu jenis poster yang berisi tentang kritik atau hal-hal yang bertentangan dengan kewenangan pemerintah. Namun, poster seperti ini sudah jarang bahkan tidak bisa ditemukan di zaman seperti sekarang karena dianggap sebagai tindakan makar.

contoh gambar poster tentang kritik biasa untuk ajakan demo

  • Poster ‘cheesecake’ merupakan sebutan untuk poster yang digunakan untuk menarik perhatian khalayak luas, seperti ajakan audisi menjadi model, casting film, penyanyi, dan lain sebagainya.

contoh gambar poster audisi mencari bakat

  • Poster film merupakan poster yang dibuat secara khusus untuk memperkenalkan atau mempromosikan sebuah film yang akan atau sedang tayang di bioskop.

contoh gambar poster promosi film baru

  • Poster buku merupakan poster yang dibuat untuk memperkenalkan dan mempromosikan buku baru yang baru saja dirilis agar masyarakat tertarik untuk membelinya.

contoh gambar poster bazar buku

  • Poster komik merupakan poster yang dibuat untuk mempromosikan dan mempopulerkan buku komik yang baru dirilis, agar dikenal masyarakat secara luas dan tertarik untuk membelinya.

contoh gambar poster buku komik

  • Poster riset adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang sebuah kegiatan riset.

contoh gambar poster informasi kegiatan riset

  • Poster ‘dicari’ (wanted) merupakan jenis poster yang dibuat untuk menginformasikan kepada masyarakat mengenai lowongan pekerjaan, informasi kehilangan barang, atau penjahat yang sedang menjadi buronan,

contoh gambar poster kehilangan hewan peliharaan

  • Poster afirmasi yaitu poster yang memiliki tujuan untuk memberikan motivasi kepada para pembacanya.

contoh gambar poster untuk memotivasi

  • Poster kelas merupakan poster yang memiliki tujuan untuk memberi arahan, petunjuk, dan motivasi kepada siswa ataupun mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan yang berkaitan dengan proses belajar.

contoh gambar poster pendidikan untuk anak sekolah

  • Poster komersial merupakan poster yang memiliki tujuan dan pengertian yang sama dengan poster niaga. Poster komersial ini bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan suatu produk barang/jasa, sehingga bisa dikenal khalayak luas dan meningkatkan angka penjualan.

contoh gambar poster komersial untuk makanan donat

Dari penjelasan di atas, Anda tentu menjadi lebih paham mengenai pengertian poster dan jenis-jenisnya secara lebih mendalam.

Fungsi poster dari zaman dahulu hingga sekarang juga tidak pernah berubah yaitu media promosi yang berusaha menyampaikan suatu informasi kepada masyarakat luas.

                                     
           

UX / User Experience

Deskripsi: Pengertian User Experience (UX), fungsi, dan penggunaannya. User...
Hans
2 min read

Cara Membuat Infografis

Deskripsi: Cara membuat Infografis agar konten semakin mudah di...
Hans
3 min read

Buku Pengembangan Diri

Deskripsi: Buku Pengembangan Diri. Salah satu kunci untuk meraih...
rezky
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *