Gelombang Elektromagnetik

3 min read

Gelombang elektromagnetik memiliki ciri yakni, setiap gelombang yang merambatkan energi di dalam gelombang mekanik,

Maka akan memperlihatkannya pada saat energi dirambatkan melalui gelombang air dari gabus pada permukaan tenang di atas permukaan air.

Gelombang elektromagnetik menjadi gelombang yang dapat memancarkan tanpa harus melalui medium.

Ada beberapa kapal laut yang mengalami oleng selama berada di laut, hal ini bisa saja disebabkan karena ombak laut yang telah membuktikan adanya energi yang dibawa gelombang.

Gelombang elektromagnetik juga bisa dirasakan ketika sinar matahari memancarkan sinarnya di muka bumi.

Pengertian Gelombang Elektromagnetik
pengertian gelombang elektromagnetik, via canva.com

Pengertian Gelombang Elektromagnetik

Perlu Anda ketahui dengan baik bahwa, untuk pengertian gelombang elektromagnetik sendiri adalah gelombang yang berhasil memancar tanpa bantuan medium dari energi listrik maupun magnet. Bahkan gelombang yang satu ini pun juga tidak membutuhkan media jenis apa pun untuk merambat.

Gelombang elektromagnetik juga seringkali disebut sebagai radiasi elektromagnetik, karena gelombang yang satu ini tidak membutuhkan media perambatan. Medan listrik bisa terjadi karena terdapat muatan listrik di dalamnya.

Selain itu juga, ada teori yang menganggap medan magnet di sekitar arus listrik akibat gelombang. Perlu untuk diketahui bahwa, adanya perubahan medan magnet atau fluks magnet juga dapat menimbulkan adanya medan magnet listrik.

Sifat Gelombang Elektromagnetik

Jika dilihat dari segi bentuknya, maka untuk gelombang elektromagnetik ini memiliki sifat yang sama dengan gelombang transversal secara umum.

Akan tetapi, untuk gelombang elektromagnetik tersebut memiliki muatan energi listrik dan magnetik.

Di dalam medan listrik itu sendiri selalu tegak lurus pada medan magnet, sehingga akan menuju ke arah gelombang.

Gelombang elektromagnetik juga memiliki beberapa sifat, yaitu seperti berikut ini:

  1. Gelombang elektromagnetik menjadi salah satu gelombang transversal.
  2. Sebagai medan magnetik dan medan listrik yang mengarahkan saling tegak lurus. Sementara untuk keduanya juga tegak lurus sesuai arah rambat gelombang.
  3. Untuk cepat rambat dari gelombang elektromagnetik tergantung dari sifat listrik maupun magnetik medium yang telah dialiri.
  4. Medan listrik dan besar medan magnet berbanding lurus dengan satu sama lain.
  5. Gelombang elektromagnetik tidak disimpangkan pada medan magnet ataupun pada medan listrik.
  6. Tidak memiliki muatan listrik

Manfaat Gelombang Elektromagnetik

Selain beberapa sifat dari gelombang elektromagnetik yang dijelaskan di atas, maka Anda pun juga perlu mengetahui manfaat dari gelombang elektromagnetik itu sendiri.

Mengingat bahwa untuk gelombang yang satu ini mempunyai banyak manfaat yang penting untuk diketahui, di antaranya seperti berikut:

1. Dapat Menembus Berbagai Jenis Bahan (Materi)

Manfaat utama yang dimiliki oleh gelombang elektromagnetik yaitu, kemampuannya dalam menembus berbagai jenis bahan yang tidak dapat ditembus pada gelombang cahaya frekuensi yang rendah.

Sementara untuk sinar X juga mempunyai gelombang dengan panjang yang lebih pendek dari yang lainnya, namun frekuensinya tergolong lebih tinggi.

Untuk sinar X inilah yang dimanfaatkan beberapa dokter pada saat melihat bagian organ dalam tubuh manusia, misalnya seperti tulang ketika ingin mendiagnosa pasien.

Selain itu untuk sinar X juga digunakan di bandara penerbangan supaya dapat melihat isi koper atau tas penumpang tanpa membukanya, dengan begitu maka proses antrian menjadi lebih cepat.

2. Sebagai Transmisi Sinyal

Untuk gelombang elektromagnetik yang terdapat pada gelombang radio memang mempunyai rentang yang jauh lebih besar.

Hal ini disebabkan untuk jarak dari transmisi sinyal yang tidak bisa dicapai pada gelombang infrared. Akan tetapi, untuk yang ditransmisikan tentunya tidak sebesar pada gelombang infrared.

Macam-Macam Gelombang Elektromagnetik

Perilaku dari gelombang elektromagnetik akan bergantung pada jenis ukuran yang relatif panjang pada gelombang itu sendiri.

Sebab itulah gelombang elektromagnetik seringkali dimanfaatkan dengan tujuan yang berbeda dan pemanfaatan yang berbeda pula,

Karena hal ini tergantung pada jenis dari gelombang yang digunakan. Gelombang elektromagnetik berdasarkan dari jenisnya:

1. Gelombang Radio

Untuk gelombang radio ini, menjadi salah satu bentuk radiasi elektromagnetik yang terbentuk ketika objek bermuatan listrik pada gelombang pembawa atau gelombang osilator dimodulasi pada suatu gelombang audio dan pada frekuensi dalam frekuensi gelombang radio.

Gelombang radio terdapat spektrum elektromagnetik dan radiasi yang bergerak secara magnetik.

2. Gelombang Mikro

Gelombang elektromagnetik mempunyai frekuensi yang tinggi. Hal ini karena gelombang jenis ini dapat mencapai hingga 3 GHz (3×109 Hz) bahkan bisa lebih.

Efek panas akan ditimbulkan jika gelombang mikro melakukan penyerapan. Makanan yang telah menyerap gelombang ini akan mengalami perubahan panas yang lebih cepat dari biasanya.

3. Gelombang Elektromagnetik Sinar Infrared

Infrared menjadi suatu radiasi dari elektromagnetik pada panjang gelombang yang lebih panjang dibandingkan dari cahaya.

Akan tetapi sinar infrared cenderung lebih pendek jika dibandingkan pada radiasi gelombang radio.

Untuk radiasi dari infrared ini memiliki jaringan yang lebih terjangkau, yaitu dengan panjang gelombang 700 nm s.d. 1 mm.

Dampak Gelombang Elektromagnetik

Di balik dari fungsi dan kegunaan dari gelombang elektromagnetik itu sendiri, ternyata ada dampak negatif yang seharusnya diperhatikan dengan baik,

Supaya gelombang elektromagnetik tersebut tidak memberikan bahaya bagi manusia. Berikut ini dampak negatif yang perlu diperhatikan:

  1. Radiasi HP bisa merusak bagian otak manusia.
  2. Sinar UV B yang secara langsung terpapar pada kulit manusia bisa menyebabkan kanker kulit. Terlebih lagi jika hal ini terjadi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang.
  3. Menjadikan flek hitam dan penuaan dini akibat sinar UV.
  4. Dapat menimbulkan kerusakan pada bagian sel akibat sinar X.
  5. Dapat menimbulkan kemandulan akibat sinar gamma.
  6. Bisa menimbulkan kanker kulit akibat adanya sinar ultraviolet dan menimbulkan katarak mata.
  7. Sistem kekebalan tubuh juga akan melemah akibat adanya sinar ultraviolet.

Contoh Gelombang Elektromagnetik dan Kegunaannya

1. Gelombang Radio

Untuk gelombang radio ini digunakan sebagai komunikasi yang memanfaatkan sifat dari gelombang HF dan MF, yang mana hal ini bisa dipantulkan pada lapisan ionosfer.

Sehingga gelombang radio dapat menjangkau pada jarak yang sangat jauh. Gelombang radio juga dapat digunakan untuk komunikasi satelit untuk menembus lapisan atmosfer melalui gelombang VHF dan UHF.

2. Gelombang Mikro

Gelombang mikro pada elektromagnetik ini bisa digunakan sebagai pemanas microwave, untuk melakukan komunikasi pada radio detection dan ranging juga bisa digunakan sebagai alat pengukur kedalaman laut.

Pada gelombang radio detection ini, bisa diaplikasikan supaya bisa mendeteksi pada suatu objek dan pemandu pendaratan pesawat terbang.

3. Sinar Inframerah

Untuk sinar infrared ini bisa digunakan dalam melakukan terapi fisik, supaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit, misalnya seperti encok dan cacar.

Selain itu fotografi pemetaan dari Sumber Daya Alam pun juga membutuhkan sinar infrared supaya dapat mendeteksi beberapa tanaman yang tumbuh di bumi secara mendetail.

Masing-masing muatan listrik, tentunya akan memancarkan radiasinya sesuai dengan kecepatan yang dimilikinya.

Untuk radiasi elektromagnetik itu sendiri pun juga dirambatkan melalui frekuensi yang sama pada arus listrik. Namun hal ini tergantung pada gelombang elektromagnetik dan situasi.

Sekian.

Terimakasih, semoga pembahasan tentang pengertian gelombang elektromagnetik bisa bermanfaat.

Baca juga: Apa itu RFID (Radio Frequency Identification)?

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *