Pengertian Google Drive

3 min read

Pengertian Google Drive – Saat ini hampir semua kegiatan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital. Semua dokumen baik itu foto, video, dokumen penting, tugas, skripsi dan sebagainya biasanya dalam bentuk file.

File penting tersebut disimpan dalam memory card, harddisk, atau flashdisk. Namun, perangkat penyimpanan itu tidak menjamin keamanan file karena rentan terserang virus malware.

Sebagai alternatif paling tepat untuk menyimpan file penting dengan aman adalah dengan Google Drive.

Google Drive dapat digunakan sebagai media penyimpanan secara cloud sehingga data atau file dapat tersimpan dengan aman dan dapat digunakan kapan saja.

Sebelum menggunakan Google Drive, ketahui dulu pengertian Google Drive beserta fungsi dan manfaatnya.

Pengertian Google Drive
pengertian google drive, via canva.com

Pengertian Google Drive

Google Drive atau Google Drive merupakan media penyimpanan data secara online atau daring dengan menggunakan internet dari Google.

Google Drive dikembangkan sejak tanggal 24 April 2012 yang memberikan layanan penyimpanan seperti Dropbox, OneDrive atau Cloud Storage dan lainnya.

Google Drive berbentuk aplikasi atau software yang dapat diakses melalui PC atau smartphone.

Google Drive sudah menjadi aplikasi bawaan yang terinstall secara otomatis pada beberapa smartphone. Sehingga lebih memudahkan pengguna untuk melakukan backup data.

Google Drive dapat menyimpan berbagai file dan konten sesuai keinginan pengguna. Mulai dari file dokumen, gambar, foto, audio, video, dan sebagainya.

Google Drive mempunyai kapasitas hingga 15 GB secara gratis. Bahkan pengguna dapat mengupgrade account untuk mendapatkan kapasitas yang lebih dari itu.

Sebagai media penyimpanan online, saat ingin menyimpan, mengunduh, mengedit, dan membuka data harus melalui komputer atau smartphone yang terhubung dengan internet.

Baca juga: Sejarah Pendiri Google

Fungsi Google Drive

Selain memberikan keamanan file atau data yang tinggi, Google Drive juga mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut:

1. Menyimpan File

Google Drive mempunyai fungsi utama untuk menyimpan file dengan aman. Google Drive dapat menyimpan berbagai bentuk file tanpa harus menyediakan media penyimpanan dalam bentuk fisik.

Baik itu harddisk, flashdisk ataupun RAM, karena media penyimpanan online sudah berbasis cloud.

2. Share File

Sama seperti penyimpanan offline, Google Drive juga dapat digunakan untuk saling berbagi file. Google Drive dapat melakukan share file secara langsung tanpa konfigurasi yang sulit.

Cukup dengan link saja, pengguna lain dapat mengakses dan mengunduh file tersebut dengan mudah dan cepat. Share file juga bisa dilakukan via online melalui email ataupun website.

3. Edit File

Google Drive mempunyai fitur yang lengkap dan canggih. Salah satunya untuk melakukan editing data secara langsung tanpa mendownloadnya.

Google Drive mempunyai fitur editing data berupa teks dan terhubung dengan spreadsheet. Fitur tersebut mirip dengan MS excel atau word dengan bentuk online tanpa melakukan instalasi.

4. Backup Data

Google Drive pada umumnya digunakan untuk membackup data dari komputer atau android. Google Drive juga bisa menyimpan data yang ada pada website.

Saat website mengalami masalah, konten di dalamnya akan tetap aman dan dapat direstart kembali dengan bantuan software, termasuk Google Drive.

Manfaat Media Penyimpanan Google Drive

Selain mempunyai fungsi utama sebagai media penyimpanan, Google Drive juga mampu memberikan manfaat bagi penggunanya.

Manfaat Google Drive adalah sebagai berikut:

1. Data yang tersimpan aman

Google Drive merupakan media penyimpanan data paling aman, karena saat ini perangkat keras mudah mengalami masalah terutama serangan virus malware.

Virus tersebut dapat merusak file bahkan menghilangkan file dalam storage. Selain virus, pencurian data juga bisa terjadi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Untuk menjaga data tetap aman, alternatif paling tepat adalah menggunakan Google Drive.

Namun, pengguna juga harus hati-hati karena canggihnya teknologi dapat disalahgunakan oleh pihak tertentu untuk mencuri data pada perangkat cloud.

2. Data mudah digunakan

Sebagai penyimpanan online, Google Drive dapat digunakan kapan saja dan di mana saja. Untuk menggunakan file tersebut harus terhubung dengan internet.

Google Drive dapat menjadi solusi paling tepat saat melakukan presentasi secara langsung tanpa harus menghubungkan flashdisk dan perangkat keras lainnya.

Google Drive juga bisa mengunduh file dengan cepat. Bahkan tanpa harus didownload dahulu, pengguna bisa mengedit isi file tersebut melalui google spreadsheet yang ada dalam Google Drive.

Penggunaan Google Drive dapat membantu untuk melakukan berbagai mobilitas yang tinggi dengan cepat dan aman.

3. Dapat mengirim file berukuran besar

Flashdisk mempunyai ukuran yang terbatas, sehingga saat mengirim file yang berukuran besar, kapasitas seringkali tidak cukup dan proses transfer sangat lama.

Dengan menggunakan Google Drive, pengguna dapat mengirim file melalui email dengan mudah dan cepat. Karena Google Drive mampu mengirim file dengan kapasitas 5GB bahkan lebih.

Pengguna dapat mengirim berbagai konten dalam file mulai dari gambar, foto, video, hingga dokumen penting. Proses transfer menggunakan Google Drive berlangsung sangat cepat jika koneksi internet tetap stabil.

4. Data tersedia dalam web

Saat pengguna ingin membuka dokumen yang ada dalam Google Drive, pengguna tidak perlu mengkopi dokumen tersebut karena data yang tersimpan dalam Google Drive dapat diakses menggunakan komputer atau smartphone di mana saja.

Data tersebut sudah tersedia dalam web dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, terutama presentasi.

Google Drive sudah tersinkronisasi dengan browser. Hal ini memudahkan pengguna untuk melakukan searching pada Google Drive.

Data akan mudah ditemukan dan dicari. Google Drive juga dapat diakses dengan berbagai perangkat dan dalam situasi apapun.

5. Dapat mengenali kata atau ekspresi

Fitur Google Drive terdapat OCR yang dapat mengenali kata atau ekspresi yang tersimpan pada data saat discan.

Fitur Optical Character Recognition ini dapat memudahkan pengguna untuk mencari informasi dari lembaran yang discan dan tersimpan pada Google Drive.

6. Mempunyai banyak format file

Format file menjadi hal penting saat dokumen tersebut akan dibuka melalui perangkat.

Google Drive bukan hanya menyediakan format dokumen saja, namun menyediakan berbagai format file seperti psd, adobe ilutrator ai, adobe photoshop dan sebagainya.

Dengan format tersebut, file dapat diedit atau didownload sesuai kebutuhan.

7. Mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar

Sebagai media penyimpanan online, Google Drive mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Ruang penyimpanan Google Drive sekitar 15GB.

Ruang tersebut dapat digunakan untuk menyimpan berbagai konten, file, dan data. Penambahan kapasitas penyimpanan, pengguna hanya perlu mengupgrade akun saja.

8. Dapat melakukan share file dengan cepat

Google Drive dapat menyimpan data atau file dengan berbagai bentuk. Selain itu, Drive juga dapat digunakan untuk saling berbagi data baik itu audio, dokumen, video, dan sebagainya.

Pengguna dapat mengirim file melalui email dalam bentuk link. Saat penerima membuka link tersebut, halaman akan langsung teralih ke laman file yang dituju.

Google Drive juga bisa melakukan share file melalui media sosial. Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna untuk berbagai keperluan.

Salah satunya untuk mengirim tugas atau pekerjaan secara online. Google Drive mampu memberikan data yang sesuai dengan data asli pada penyimpanan tersebut.

Kemajuan teknologi sekarang harus dimanfaatkan dengan baik. Terutama untuk menyimpan data pribadi, instansi, ataupun perusahaan harus menggunakan perangkat yang canggih dan aman.

Media penyimpanan terbaik yang dapat digunakan secara online yaitu Google Drive.

Baca juga: Apa itu VPS Server?

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *