Pengertian Komunikasi Data

3 min read

Pengertian komunikasi data – Bagi Anda yang sudah berkecimpung dalam dunia perangkat komputer pasti sudah pernah mendengar tentang komunikasi data.

Pada umumnya komunikasi data seringkali Anda jumpai, tetapi masih banyak yang belum mengetahui pengertian komunikasi data dan hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi data.

Jika Anda merupakan salah satu dari orang-orang yang mencari tahu tentang komunikasi data dan ingin mengenalnya lebih dalam lagi. Baik, simak informasi tentang komunikasi data berikut ini dengan seksama.

Pengertian Komunikasi Data
pengertian komunikasi data, via canva.com

Pengertian Komunikasi Data

1. Menurut Bahasa

Komunikasi merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris “Communication”, sedangkan kata communication sendiri secara etimologi berasal dari bahasa latin “communis” yang berarti “menjadi milik bersama” atau “berbagi”. Sedangkan data berasal dari sebuah kata “datum”. Datum sendiri memiliki arti materi atau kumpulan fakta yang digunakan untuk kegiatan analisa.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa komunikasi data menurut bahasa merupakan pembagian materi atau kumpulan fakta.

2. Menurut Istilah

Komunikasi data dalam jaringan merupakan sebuah pertukaran data antara dua perangkat yang perpindahannya melalui media transmisi tertentu. Media transmisi yang dapat digunakan sebagai media pertukaran salah satunya adalah kabel.

Pertukaran data sendiri dapat tercipta apabila perangkat yang digunakan memiliki keterkaitan satu sama lain dalam sebuah bagian sistem komunikasi, baik lokal maupun secara luas seperti internet. Perangkat tersebut harus terdiri atas kombinasi software dan hardware.

Pada dasarnya komunikasi data merupakan proses pengiriman informasi di antara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching, bisa antara komputer dan komputer, komputer dengan terminal, atau komputer dengan peralatan, atau peralatan dengan peralatan (wikipedia).

Karakteristik Komunikasi Data

1. Pengiriman

Karakteristik pertama yakni pengiriman. Ha ini terlihat dari sistem yang harus mentransfer data ke tujuan yang telah ditentukan. Kemudian data tersebut harus diterima oleh perangkat.

2. Akurasi

Karakteristik kedua adalah akurasi. Pada karakteristik ini sistem harus memberikan data yang akurat. Kemudian data tersebut akan diubah ke dalam transmisi.

Setelah data sudah berubah, maka data akan meninggalkan sumber dan data yang tidak dikoreksi sudah pasti tidak dapat digunakan.

3. Ketepatan waktu

Piranti perangkat harus mengirimkan data akurat pada waktu yang tepat. Apabila waktu pengiriman terlambat, maka data tidak akan berguna. Hal semacam ini dapat disebut juga dengan pengiriman transmisi real-time.

4. Jitter

Jitter merupakan karakteristik komunikasi data yang mengarah pada variasi waktu kedatangan data sendiri. Lebih tepatnya mengacu pada keterlambatan yang tidak merata sehingga akan menyebabkan kualitas data yang dihasilkan akan berbeda.

Komponen-komponen Komunikasi Data

1. Source

Komponen pertama yaitu source atau sumber yang membangkitkan data atau informasi yang akan dikirimkan. Sumber dalam hal ini dapat berupa alat input pada perangkat komputer atau laptop.

Alat ini dapat mengubah beberapa informasi berupa audio atau informasi suara, video ataupun informasi berupa teks menjadi satu kesatuan data untuk diproses melalui sistem.

2. Transmitter

Transmitter atau disebut juga dengan pengirim merupakan sebuah alat yang berguna untuk memproses data-data yang berasal dari komponen pertama yaitu sumber untuk disalurkan ke sistem transmisi.

Alat ini berbentuk komputer personal yang bisa digunakan untuk mengolah segala bentuk data.

3. Sistem Transmisi

Sistem transmisi merupakan sebuah jalur transmisi tunggal ataupun jalur kompleks yang menghubungkan dua sistem yakni sumber dan tujuan. Secara fisik alat ini dapat berupa media wireline atau media wireless.

Jalur transmisi tunggal dalam sistem transmisi ini adalah satu segmen jaringan yang perangkat pengirim dan penerimanya merupakan satu jenis media yang sama.

Sedangkan jalur kompleks adalah kedua perangkat pengirim dan penerima yang dihubungkan oleh satu sistem operasi yang sama.

4. Receiver

Komponen receiver atau penerima merupakan alat yang digunakan untuk menerima sinyal atau sistem transmisi dan memproses segala informasi atau data yang diperoleh oleh perangkat tujuan. Dalam bentuk fisiknya, alat ini dapat berupa komputer personal yang berfungsi secara umum.

5. Destination

Komponen terakhir adalah destination atau tujuan. Komponen ini merupakan komponen yang menangkap informasi atau data yang dihasilkan oleh penerima.

Data yang dihasilkan oleh perangkat tujuan selanjutnya akan diubah menjadi jenis data yang sama dengan data yang dikirimkan oleh perangkat sumber.

Macam-macam Komunikasi Data

1. Komunikasi Data melalui Infrastruktur Terestrial

Komunikasi data jenis ini merupakan pertukaran data yang menggunakan jaringan kabel atau nirkabel sebagai media transmisinya.

Komunikasi data jenis ini menjadi jenis komunikasi data yang membutuhkan banyak biaya pada saat infrastrukturnya.

2. Komunikasi Data melalui Satelit

Komunikasi data melalui satelit merupakan pertukaran data yang menggunakan satelit sebagai media transmisi atau sebagai jalannya data.

Sehingga jangkauan data akan lebih luas dan tidak memakan biaya yang banyak karena biaya transfernya lebih murah.

Akan tetapi komunikasi data jenis ini memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah pertukaran data menjadi lebih lama tergantung dengan kondisi cuaca di sekitarnya.

Bentuk-bentuk Komunikasi Data

1. Offline Communication System

Bentuk komunikasi data ini merupakan sebuah sistem pengiriman data yang menggunakan fasilitas telekomunikasi sebagai medianya, kemudian meneruskan data ke sumber pengolahan data.

Akan tetapi pada offline communication system ini data tidak akan langsung diproses ke CPU. Terdapat alat yang digunakan pada komunikasi data sistem offline ini, yakni sebagai berikut.

  • Jalur komunikasi yaitu alat yang dapat berupa telepon atau telegraf yang merupakan fasilitas komunikasi yang sering digunakan.
  • Terminal yaitu alat yang digunakan untuk mengirim atau menerima data jarak jauh yang menggunakan fasilitas telekomunikasi.
  • Modem yaitu alat yang digunakan sebagai pengubah data. Data yang dimaksud adalah data yang didapatkan dari sistem kode digital ke dalam sistem kode.

2. Online Communication System

Bentuk komunikasi data ini merupakan sebuah sistem pengiriman data yang dikirimkan melalui terminal komputer dan dapat langsung diproses oleh komputer tersebut pada saat Anda membutuhkan.

Sistem komunikasi data secara online ini dapat berupa sebagai berikut ini.

  • Real time system yaitu sebuah sistem pertukaran data yang memerlukan tingkat transaksi dengan kecepatan di atas rata-rata, atau lebih tepatnya kecepatan tinggi.
  • Batch processing yaitu sebuah teknik pengolahan data yang digunakan dengan cara menumpuk data terlebih dahulu, kemudian data tersebut akan dikelompokkan berdasarkan nama batch.
  • Time sharing system yaitu salah satu teknik pemakaian secara online yang digunakan oleh beberapa user.

Fungsi dan Tujuan Komunikasi Data

  1. Komunikasi data berfungsi untuk menyingkat waktu pengiriman data dalam jumlah besar tanpa suatu kesalahan.
  2. Penggunaan sistem komputer atau peralatan pendukungnya sangat memungkinkan untuk digunakan pada jarak jauh.
  3. Dapat mendukung sistem manajemen dalam hal pengontrolan karena dapat menggunakan sistem komputer secara terpusat dan tersebar.
  4. Dapat digunakan sebagai alat komunikasi bagi orang-orang yang memiliki lokasi geografis yang berbeda atau berjauhan. Contohnya, pekerjaan dua orang yang berada di dua negara yang berbeda.
  5. Mampu menyebarkan informasi dalam jumlah banyak dengan kecepatan yang mumpuni dan tanpa suatu kesalahan.

Demikian penjelasan tentang komunikasi data, mulai dari pengertian komunikasi data, karakteristik komunikasi data, komponen-komponen komunikasi data, macam-macam komunikasi data, bentuk-bentuk komunikasi data dan fungsi serta tujuannya.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *