Pengertian LAN Card

3 min read

Pengertian LAN Card, – Perangkat komputer tidak akan bekerja maksimal jika tidak terhubung antara satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah perangkat tambahan yang menghubungkan seluruh komputer dalam satu wilayah kerja.

Suatu perusahaan misalnya, seorang karyawan di lantai 2 akan sulit berkomunikasi dengan karyawan di lantai 4 jika komputer mereka tidak terhubung.

Untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer setidaknya dibutuhkan jaringan LAN. Jaringan ini akan menghubungkan perangkat elektronik yang memiliki komponen LAN card di dalamnya.

Sehingga, dengan bantuan kabel atau gelombang radio, beberapa perangkat dapat terhubung. Untuk lebih jelasnya, simak pengertian LAN card, fungsi dan cara kerjanya.

Pengertian LAN Card
pengertian LAN card, via canva.com

Pengertian LAN Card

LAN card atau Local Area Network card merupakan sebuah komponen pada komputer atau laptop yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat tersebut ke dalam jaringan LAN.

Melalui jaringan lokal inilah sebuah komputer dapat saling terhubung dengan komputer lain dalam satu wilayah kerja, seperti di warnet, kantor atau sekolah.

LAN card memiliki beberapa sebutan yang berbeda. Mulai dari kartu jaringan, Ethernet Card dan Network Interface Card (NIC).

Bentuknya berupa papan persegi panjang yang dipasang secara onboard pada slot PCI di motherboard komputer.

Penggunaan LAN card sendiri semakin berkurang seiring berkembangnya jaringan tanpa kabel yang disebut WLAN.

WLAN atau Wireless Local Area Network dirasa lebih efektif karena tidak memerlukan kabel untuk dapat saling terhubung.

Meski begitu, masih banyak pihak yang menggunakan LAN card dalam jaringan komputer. Secara kecepatan transfer datanya masih lebih baik dibandingkan dengan teknologi WLAN.

Cara Kerja LAN Card

  1. Komputer tidak dapat saling terhubung tanpa adanya LAN card. Sementara LAN card tidak dapat bekerja jika tidak terjadi kesinambungan antar jaringan komputer berupa kartu memori DMA. Ketika data aliran paralel masuk ke LAN card, di saat yang bersamaan LAN card juga akan mengirimkannya ke memori.
  2. Setelah berhasil dikategorikan atau dipilah sesuai paket-paket yang ada dalam kartu memori, data paralel tersebut baru akan diubah menjadi data serial dan bisa dikirim dengan media yang tersedia.
  3. Data paralel yang telah diubah menjadi data serial tersebut juga sudah dilengkapi dengan MAC Adress dan juga sinyal pengecekan kesalahan.
  4. Selanjutnya, data baru tersebut akan diubah kembali menjadi pulsa elektronik yang mengandung informasi di dalamnya.
  5. Kemudian data akan ditransmisikan pada jaringan media yang tersedia.

Fungsi LAN Card

Sebuah komputer dapat saling terhubung satu dengan lainnya. Hal ini memungkinkan perangkat komputer memiliki fungsi tambahan dibandingkan hanya bekerja semdiri.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa fungsi LAN card pada computer:

1. Menjalin Komunikasi Lokal

Komputer dalam satu perusahaan membutuhkan koneksi untuk saling terhubung. Hal ini terjadi dengan adanya koneksi jaringan LAN.

Komputer yang tidak memiliki komponen LAN card tidak akan bisa terhubung ke jaringan tersebut. Sehingga dapat menghambat proses kerja di dalamnya.

2. Membagi Area Jaringan Internet

Sering kita temui dalam satu kawasan tertentu seperti kantor pemerintahan, kampus atau ruang publik lainnya yang membagi spot-spot area internetnya.

Seperti area wifi gedung, wifi lantai atas, dll. Berkat adanya LAN card inilah area-area tersebut dapat dikenali oleh komputer Anda.

3. Jaringan LAN pada Warnet

Jika Anda menggunakan salah satu komputer di warnet, pasti akan Anda temui pencatat waktu di bagian atas layar monitor.

Hal itu merupakan salah satu fungsi LAN card yang saling terhubung antara komputer Anda dengan komputer milik operator.

Sehingga billing atau biaya akses di komputer Anda dapat dilihat juga di komputer operator warnet tersebut.

4. Bermain Game Multiplayer

Pernahkah Anda bermain game Counter Strike di PC/laptop bersama teman-teman Anda dalam satu ruangan?

Biasanya, pemain akan saling terhubung dengan menggunakan koneksi jaringan LAN. Dimana salah satu PC berperan sebagai server dan PC lain akan mencoba menghubungkannya.

5. Sharing File

Komputer yang terhubung melalui jaringan LAN juga dapat bertukar file tanpa harus menggunakan flashdisk atau hardisk.

Karena di dalam file explorer akan terdeteksi komputer mana saja yang terhubung ke jaringan LAN dan siap menerima file yang ingin kita kirimkan.

Beberapa contoh di atas adalah fungsi pengembangan dari sebuah LAN card. Berikut fungsi inti LAN card adalah sebagai berikut.

  1. Bertugas menerima dan menerjemahkan data ke dalam bentuk bit agar dapat dipahami oleh komputer penerima.
  2. Selain menerima data, LAN card juga bertugas mempersiapkan data yang akan dikirim dari sebuah komputer ke komputer lainnya melalui kabel penghubung. Prosesnya dengan mengubah data digital pada komputer menjadi data bit yang lebih kecil.
  3. Bekerja mengontrol data antar host dalam suatu jaringan LAN.

Jenis-jenis LAN Card

Pembuatan LAN card atau NIC (Network Interface Card) dibagi menjadi beberapa kategori. Untuk dapat mengetahuinya secara detail, berikut adalah jenis-jenis LAN card berdasarkan masing-masing kategori.

Jenis LAN Card berdasarkan Sifatnya

1. LAN Card yang Bersifat Fisik

 LAN card jenis ini biasanya dapat dipasang pada motherboard komputer secara onboard ataupun eksternal.

Secara on board, LAN card atau NIC ini dipasang pada BUS PCI, MCA atau PCIE. Sedangkan untuk eksternal dipasang melalui port BUS USB, PCMCIA, serial, paralel dan express card.

2. LAN Card Bersifat Logis

LAN card jenis ini biasanya memiliki nomor alamat atau MAC Adress yang statis ataupun dinamis. Contohnya seperti Loop Back adapter dan network adapter.

Jenis LAN Card Berdasarkan Cara Pemasangannya

1. LAN Card ISA

Salah satu perusahaan IT terkemuka yang berfokus pada pengembangan jaringan komputer pada awalnya menciptakan produk LAN card jenis ini.

LAN card ini memiliki satu hingga tiga slot berwarna hitam. Ciri-ciri lainnya yaitu konektor outputnya yang mendukung BNC serta RJ-45.

2. LAN Card PCI

LAN card ini sejatinya telah diproduksi sejak tahun 1992, namun masih banyak digunakan hingga saat ini. LAN card atau NCI ini mulai digunakan pada generasi komputer pentium 1.

Ciri utamanya adalah jumlah slot hingga mencapai 5 buah. Pada perkembangannya saat ini, jumlah slotnya hanya 1 saja.

3. LAN Card USB

Makin berkembangnya teknologi, produsen pengembang LAN Card menggunakan port USB sebagai media pemasangannya.

Hal ini bertujuan agar pemasangan LAN card tidak perlu membuka casing dari CPU atau komputer yang bersangkutan.

4. LAN Card Wireless

Inilah jenis LAN card yang mulai meninggalkan kabel sebagai konektor utamanya. NIC jenis ini menggunakan antena sebagai penangkap sekaligus pemancar sinyal secara lokal.

Keunggulan LAN card jenis ini adalah dari segi penggunaan dan pemasangannya yang lebih mudah.

Berbagai penjelasan mulai dari pengertian LAN card, fungsi dan juga cara kerjanya telah dijabarkan secara cukup detail pada artikel ini. Tentu rasa penasaran Anda tentang apa itu LAN card sudah mulai terjawab. Sehingga kedepannya Anda dapat menjelaskannya secara jelas kepada siapapun.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *