Pengertian Mailing List

3 min read

Advertisement

Pengertian mailing list – Kemajuan teknologi dan komunikasi berdampak postif pada kehidupan manusia. Terobosan-terobosan di  bidang teknologi dan komunikasi mempermudah berbagai kegiatan sehari-hari.

Perkembangan teknologi memungkinkan Anda berkomunikasi tanpa bertatap muka dimanapun dan kapanpun. Salah satu contoh penemuan dalam bidang teknologi dan komunikasi adalah Mailing list.

Advertisement

Pengertian mailing list itu sendiri adalah sebuah media untuk berkomunikasi secara berkelompok dengan menggunakan jaringan internet tanpa perlu saling bertatap muka.

Mailing list banyak digunakan untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi berita terkini. Mailing list sendiri menggunakan akun email sebagai sistem kerjanya. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Mailing List
pengertian mailing list, via canva.com

Apa itu Mailing List ?

Mailing list adalah cara berkomunikasi untuk bisa saling bertukar informasi memakai perangkat yang terhubung ke internet menggunakan fasilitas grup sebagai media komunikasinya.

Mailing list memiliki sifat yang terbuka agar semua dapat menggunakan dan ikut di dalam grup tersebut.

Di dalam grup anggota mailing list dapat bertanya atau berdiskusi dengan mengirim pesan secara broadcast ke semua anggota grup melalui email.

Advertisement

Semua anggota grup itu mempunyai kepentingan atau kegemaran yang sama.

Tentunya anggota lain dapat membalas pesan broadcast tersebut setelah menerima pesannya. Pesan akan dibalas dengan kembali mengirim pesan broadcast ke setiap anggota grup.

Dalam grup dibutuhkan seorang atau lebih yang berfungsi sebagai moderator dalam grup tersebut. Tugas moderator tersebut adalah untuk memastikan proses diskusi berjalan normal.

Selain itu moderator bertugas mengawasi semua aktivitas di dalam grup. Jika terdapat anggota grup melanggar aturan yang sudah di setujui, moderator berhak untuk menegurnya atau bahkan mengeluarkannya dari grup tersebut.

Dalam penggunaanya, terdapat 2 jenis mailing list yang kerap digunakan.

1. Announcement Type List

Jenis mailing list ini adalah proses komunikasi yang berjalan satu arah. Anggota dalam grup tersebut hanya dapat menerima pesan yang masuk dan tidak dapat membalas pesan. Hanya moderator saja yang dapat mengirim pesan tersebut.

2. Discussion-type list

Berbeda dengan announcement type list, dalam jenis mailing list ini anggota dapat melakukan komunikasi dua arah. Anggota di dalam grup dapat mengirim dan menerima pesan dari anggota grup lainya.

Baca juga: Pengertian Email

Fungsi dari Mailing List

Fungsi mailing list  tidak jauh berbeda dengan pengiriman email biasa. Tapi kelebihan dari mailing list adalah pengirim dapat melakukan pengiriman email ke seluruh anggota email sekaligus tanpa perlu mengirimkan email satu persatu.

Dengan cara ini pekerjaan menjadi lebih efisien dalam segi waktu dan tenaga. Mailing list pun dapat digunakan untuk berinteraksi dan berkomunikasi antar komunitas atau keluarga besar yang berjauhan.

Dengan adanya mailing list, hubungan suatu komunitas atau sebuah keluarga besar dapat tetep berjalan lancar walaupun terpisah oleh jarak.

Cara Membuat Mailing List

Terdapat beberapa media yang dapat digunakan sebagai mailing list. Media yang populer digunakan oleh sebagian masyarakat adalah Google Groups dan Yahoo Groups. Berikut adalah cara membuat mailing list.

Advertisement

Google Groups

  1. Langkah pertama yang Anda harus lakukan adalah membuka web browser dan masuk ke alamat https://groups.google.com/
  2. Terdapat opsi “BUAT GRUP” dan “Edit Keanggotaan”. Pilih opsi “BUAT GRUP”.
  3. Setelah itu muncul kolom “Nama Group”, “Alamat email grup” dan “Deskripsi grup”. Anda dapat membuat nama grup sesuai keinginan. Alamat email grup secara otomatis akan mengikuti nama grup yang sudah dibuat. Anda juga dapat menulis deskripsi pada kolom “Deskripsi grup”.
  4. Anda juga dapat mengatur bahasa yang ingin digunakan dalam grup dengan memilih opsi “Bahasa utama grup”.
  5. Untuk menu jenis grup, Anda tidak perlu untuk mengubahnya. Biarkan dengan opsi “milis”.
  6. Pada menu “Izin dasar”, terdapat opsi “Lihat topik”. Opsi ini sendiri berfungsi untuk memilih pengguna dapat mengakses semua pesan yang dikirimkan melalui grup. Anda bebas ingin memilih pilihan yang mana, tergantung dari fungsi grup itu sendiri.
  7. Terdapat juga opsi “Tulis Pos”. opsi ini juga memiliki fungsi yang sama dengan opsi “Lihat topik”. Anda juga bebas ingin memilih pilihan yang mana.
  8. Pada menu “Izin dasar” terdapat juga opsi “Gabung dengan grup”. Di sini Anda dapat mengatur pengguna yang hanya bisa meminta bergabung dengan grup. Anda bisa memilih salah satu dari ketiga pilihan yang tersedia.
  9. Setelah semua telah terisi, Anda dapat memilih menu “BUAT” untuk memulai membuat grup.
  10. Sebelum Anda dapat memakai grup, akan muncul kolom kode verifikasi. Terdapat dua kode verifikasi yang harus dipisahkan dengan spasi. Setelah itu klik “Lanjutkan”.
  11. Setelah kode verifikasi berhasil, grup Anda sudah dapat digunakan. Anda dapat memulainnya dengan mengundang orang melalui akun gmail untuk bergabung di grup yang Anda buat.

Yahoo Groups

  1. Pastikan Anda memiliki akun yahoo mail terlebih dahulu. Syarat untuk membuat dan menggunakan mailing list di yahoo grup tentunya harus mempunyai akun yahoo mail.
  2. Langkah pertama adalah buka web browser dan login ke akun yahoo mail Anda.
  3. Buka alamat web https://groups.yahoo.com/. Setelah halaman dari yahoo groups muncul, di bagian kanan atas terdapat menu “Start your group”. Anda bisa memilih menu tersebut untuk memulai membuat grup.
  4. Setelah itu terdapat menu “Browse Group Categories”. Contohnya Anda dapat memilih regional dengan klik opsi “countries” lalu terdapat pilihan negara. Setelah itu Anda dapat memilih tombol “Place my group here”.
  5. Setelah memilih kategori, Anda sudah mulai dapat membuat nama grup di kolom “Group Name”.
  6. Anda juga harus mengisi email untuk grup Anda pada kolom “Enter Your Group Email”. Perlu diperhatikan alamat email yang akan digunakan bukan alamat yahoo mail Anda, tapi alamat email khusus untuk grup.
  7. Isi kolom “Describe Your Group” dengan keterangan atau peraturan dari grup yang Anda buat, lalu pilih tombol “Continue”.
  8. Anda juga dapat menuliskan alamat email yang menjadi owner dari grup, kemudian isi kode verifikasi lalu klik tombol “Continue”
  9. Jika berhasil, Anda dapat langsung mengundang anggota untuk bergabung di grup Anda dengan klik opsi “Invite People to Join”.

Kelebihan dan Kekurangan Mailing List

Tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan dalam pemakaian mailing list. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Kelebihan

  1. Seluruh anggota yang terdapat dalam grup mailing list akan mudah menerima informasi yang sama dari anggota lainnya.
  2. Anggota mailing list dapat dengan mudah mendapatkan informasi atau berita terkini.
  3. Sebagai media untuk berdiskusi dan menambah wawasan.
  4. Dengan sistem membuat grup pada mailing list berguna untuk menambah relasi pertemanan.

Kekurangan

  1. Penggunaan mailing list terkesan kurang praktis karena pengguna diharuskan tetap membuka email untuk melihat pesan yang masuk agar email tidak menumpuk.
  2. Jika Anda ingin membalas pesan akan memakan kuota space email yang besar. Karena dalam sistem pengiriman balasan pada mailing list harus menyertakan kiriman sebelumnya.

Itulah beberapa  pengertian mailing list dari cara membuatnya sampai kelebihan dan kekurangan dari penggunaannya.

Adanya kemajuan dalam bidang teknologi dan komunikasi seperti mailing list akan memudahkan dalam beberapa kegiatan manusia. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Pengertian Protokol

Advertisement

Manfaat Blog

Advertisement Deskripsi: manfaat blog bagi para blogger dalam kehidupan...
Cendikia
2 min read

Perbedaan EIS dan OIS

Advertisement Deskripsi: Kenali Perbedaan EIS dan OIS sebelum Membeli...
Hairo
2 min read

Pengertian Green Screen

Advertisement Deskripsi: Pengertian Green Screen dan Perannya dalam Industri...
Hairo
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *