Microsoft Office Power Point

4 min read

Pengertian Microsoft Power Point – Laporan pekerjaan sudah menjadi suatu kewajiban bagi pegawai-pegawai yang bekerja di suatu perusahaan.

Mereka pasti membutuhkan komputer untuk mengerjakannya dan juga suatu sokongan berupa aplikasi dalam mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan data dalam komputer.

Penyampaian gagasan pastinya tidak mudah jika hanya berdiskusi secara verbal.

Kini cara penyampaian gagasan atau sebuah konsep dipermudah oleh aplikasi perangkat lunak yang dilahirkan oleh microsoft dinamakan microsoft office power point.

Perangkat lunak ini dapat membantu Anda dalam penyampaian gagasan yang Anda miliki.

Sebelum membahas fungsi power point mari simak pembahasan pengertian microsoft office power point beserta fungsinya.

Pengertian Power Point
pengertian microsoft office power point, via canva.com

Pengertian Microsoft Office Power Point

Menurut Wikipedia, Pengertian Microsoft Office Power Point atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka,

Didalam paket apliaksi Microsoft Office, selain Ms Powerpoint juga ada Ms Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.

PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS.

Perkembangan Ms Office Power Point

Microsoft Office Power Point pertama kali diciptakan dan dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin yang bekerja sebagai Presenter bagi perusahaan yang bernama Forethought, Inc kemudian mengubah namanya menjadi power point.

Microsoft office PowerPoint point versi 1.0 ini pertama rilis pada tahun 1987 dan PC yang pertama kali menggunakan aplikasi ini adalah Apple Macintosh.

Pertama kali power point muncul dengan tampilan hitam putih, kemudian tahun selanjutnya versi power point yang baru muncul dengan tambahan fitur warna.

Akhirnya, Microsoft membeli power point ini sebesar 14 juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987, inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Microsoft office power point yang Anda kenal sekarang ini.

Power point memiliki pengertian perangkat lunak yang merupakan salah satu bagian paket instal dari microsoft office dengan kegunaan membantu manusia dalam pekerjaannya.

Salah satunya dalam mengemukakan pendapat kepada forum atau khalayak umum, yang kemudian mudah dimengerti oleh audien atau pendengar yang hadir dalam acara presentasi atas gagasan yang Anda miliki.

Presentasi dalam office power point ini dapat berupa teks bergaya atau illustrasi dari gagasan yang Anda miliki.

Artinya informasi atas konsep yang akan disampaikan dapat berupa gambar, video, teks bahkan animasi atau desain yang Anda buat sendiri agar mudah dimengerti audience.

Kegunaan utamanya, Power point menjadi perangkat lunak favorit yang digunakan untuk kegiatan presentasi.

Fungsi Ms Office Power Point

  1. Sarana untuk mempermudah melakukan sebuah presentasi.
  2. Membuat sebuah presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat komputer.
  3. Membuat presentasi dalam bentuk slide yang menarik dan cantik dengan dukungan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template/desain yang akan dipergunakan.
  4. Mempermudah dalam membuat, mengatur dan mencetak berbagai slide.

Manfaat Ms Office Power Point

  1. Sangat membantu menampaikan sebuah materi atau gagasan
  2. Menunjang dunia pendidikan dalam hal belajar mengajar
  3. Menujang keberlangsungan bisnis dan pekerjaan karena saangat berguna dalam kemudahan presentasi

Fitur Ms Office Power Point

Office power point dapat digunakan dalam berbagai bidang. Fungsinya pun dapat bermacam-macam, bergantung pengetahuan penggunanya, sehingga power point tak hanya berperan sebagai media presentasi saja.

Kali ini akan membahas fitur-fitur dan kegunaannya dalam office power point. Berikut bagian-bagian dalam microsoft office power point yang tersedia di dalam menu bar.

1. Menu File

Menu file ini memiliki fitur sebagai berikut:

  1. Open, berfungsi untuk membuka file dokumen yang jenisnya power point atau dokumen. Power point biasanya disebut sebagai .ppt berarti file yang dibuka dikhususkan bagi file berbentuk power point.
  2. New, fungsi dari fitur ini adalah membuka lembar baru atau membuat dokumen baru dalam file dokumen yang serupa.
  3. Recent, fitur ini berfungsi untuk membuka file yang sudah Anda buka sebelumnya fitur ini seperti history dalam mozilla firefox. Anda tidak perlu susah payah mencari file yang sudah Anda buka. Cukup cari file dokumen di recent maka Anda akan menemukan dokumen yang Anda cari.
  4. Save & save as, jika Anda hendak menyimpan file baru yang belum pernah disimpan fungsi dari keduanya sama, tetapi jika Anda menggunakan fitur ini ketika Anda sudah menyimpan data Anda di komputer maka fungsinya berbeda. Save akan menyimpan perubahan data pada file lama, sedangkan save as menyimpan file dengan menciptakan file baru.
  5. Print, berfungsi untuk mencetak file dokumen ke dalam bentuk fisik.

2. Menu Home

  1. Clipboard, fitur ini membantu dalam menyalin dan menempelkan objek yang sudah Anda salin di luar power point.
  2. Slides, fitur ini berhubungan dengan halaman slide atau bagian-bagian halaman yang disambungkan oleh slide yang lian.
  3. Font, fitur font berfungsi untuk mengatur font, mulai dari ukurannya sampai jenis font yang akan Anda pakai.
  4. Paragraph, fitur ini digunakan ketika Anda ingin membenahi hal-hal yang bersangkutan dengan paragraf.
  5. Drawing, berfungsi untuk membubuhkan bentuk, desain dan garis pada halaman slide yang pilihan.

3. Menu Insert

Insert merupakan menu yang berhubungan dengan penyisipan suatu benda atau suatu media lain agar power point yang dibuat dapat dinikmati dan menarik audien.

Fitur-fiturnya yakni seperti tables yang berfungsi membubuhkan tabel pada slide, images yang berfungsi membubuhkan gambar.

Illustration berfungsi untuk menggambarkan ilustrasi, Links berfungsi untuk menghubungkan, Text berfungsi untuk membubuhkan teks yang variatif, symbol mirip sebuah susunan rumus dan media berguna untuk membubuhkan media berupa audio dan video.

4. Menu Design

Menu design memiliki fitur sebagai berikut.

  1. Page setup, berfungsi untuk mengubah ukuran halaman slide dan orientasi slide, portrait atau landscape.
  2. Themes, berfungsi sebagai desain dari background yang sudah ada ketika power point dipasang di komputer.
  3. Background, fitur ini berfungsi untuk mengubah background sesuai keinginan Anda, bahkan Anda dapat menentukan tema slide yang Anda buat background ini dapat berupa gambar dan foto. Anda dapat membuat sebuah foto atau gambar jadi tema atau membuat tema yang berbeda dalam setiap slide.

5. Menu Transitions

Fitur yang melengkapi antara lain sebagai berikut.

  1. Preview, berfungsi untuk melihat jenis efek transisi yang diterapkan pada slide dan menyesuaikan objek yang disimpan dalam setiap slide.
  2. Transition to this slide, merupakan fitur yang berfungsi sebagai salah satu hal utama jika ingin membuat presentasi Anda menarik, karena fitur ini memberi efek transisi pada slide.
  3. Timing, fitur ini mengatur lamanya transisi yang diterapkan pada setiap slide, sehingga Anda bisa menyesuaikan timing transisi yang tepat.

6. Menu Animations

  1. Preview, fungsinya sama untuk melihat jenis animasi yang akan digunakan dan dipilih sesuai selera.
  2. Animation, berfungsi untuk memberikan animasi pada slide yang melibatkan objek pada setiap slide.
  3. Advanced animasi, fitur ini pemberi animasi namun animasi yang Anda buat sendiri atau tidak menggunakan animasi bawaan.
  4. Timing, berguna untuk mengatur waktu animasi dari pertama muncul hingga animasi selesai.

7. Slide show, Review dan View

Menu Slide Show berfungsi untuk mengatur slide dalam mode presentasi agar perpindahannya dapat diatur dan segala animasi dan efek transisi bergerak secara otomatis. Menu review digunakan untuk memeriksa kembali ejaan.

Istilah dan hal-hal yang berhubungan dengan fakta yang sudah ada. Menu view berfungsi untuk mengatur mode presentasi. Jika presentasi menggunakan perangkat lain, biasanya diatur menggunakan fitur yang ada di dalam menu view.

Format File Penyimpanan pada PowerPoint yaitu:

  • *.PPT (PowerPoint Presentation)
  • *.PPS (PowerPoint Show)
  • *.POT (PowerPoint Template)
  • *.PPTX (PowerPoint Presentation)

Itulah, pembahasan tentang pengertian microsoft office power point dan kegunaannya, semoga Anda dapat mengerti dan mengambil pelajaran dari artikel ini.

Sampai bertemu di artikel lain, semoga manfaat dari artikel ini.

Baca juga: Pengertian PDF

                                     
           

Website Buat Logo Online

Deskripsi: Rekomendasi website buat logo online gratis dan mudah....
Hans
3 min read

Cara Membuat NPWP Online

Deskripsi: Cara membuat NPWP online dengan mudah. Membayar pajak...
Hans
4 min read

Cara Membuat Daftar Isi

Deskripsi: Cara membuat daftar isi otomatis dan manual dengan...
Hans
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *