Pengertian Pembelajaran

3 min read

Deskripsi: Pengertian pembelajaran menurut para ahli, ciri-ciri dan manfaatnya.


Pembelajaran memiliki makna yang berbeda dengan belajar. Pembelajaran merupakan proses belajar yang diciptakan oleh guru untuk dapat memgembangkan pola pikir, kreativitas, serta meningkatkan kemampuan berpikir para siswa akan suatu ilmu pengetahuan.

Pembelajaran menjadi upaya untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran yang disampaikan.

Dengan dilakukannya pembelajaran, maka siswa bisa berlatih serta merubah tingkah laku untuk dapat memahami sebuah disiplin ilmu pengetahuan.

pengertian pembelajaran
pengertian pembelajaran

Pengertian Pembelajaran Secara Umum

Pengertian pembelajaran secara umum merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh peserta didik dengan guru atau sumber belajar. Dengan adanya sistem pembelajaran, guru dan siswa dapat saling bertukar informasi.

Pembelajaran memberikan sarana agar siswa dapat memahami sebuah materi yang diberikan oleh guru. Proses pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mendidik dan membantu para siswa dalam mempelajari sesuatu.

Dengan diterapkannya sistem ini, siswa akan mengalami perubahan tingkah laku, pemikiran, dan juga pemahaman akan suatu hal.

Pengertian Pembelajaran Menurut Ahli

Bukan hanya didefinisikan secara umum, pengertian pembelajaran juga diartikan dengan cara yang berbeda oleh para ahli.

Berikut beberapa pendapat dari para ahli mengenai arti dari pembelajaran:

1. Sudjana

Sudjana mendefinisikan pembelajaran sebagai upaya sistematis yang sengaja dibuat sebagai kegiatan interaksi edukatif antara dua pihak yaitu guru dan siswa.

Guru berperan sebagai sumber pembelajaran yang menjabarkan materi melalui kegiatan. Sedangkan murid berperan sebagai peserta didik yang akan menyerap informasi.

2. Warsita

Warsita mengartikan pembelajaran sebagai usaha yang dilakukan untuk membuat peserta didik melakukan kegiatan belajar agar mampu memahami suatu hal.

3. Syaiful Sagala

Pembelajaran merupakan sistem belajar yang diterapkan dengan menggunakan asas pendidikan maupun melalui teori belajar, yang mampu menjadi penentu utama keberhasilan jalannya sistem pendidikan.

4. Gagne

Gagne menggambarkan pembelajaran sebagai seperangkat peristiwa yang dirancang guna mendukung proses pembelajaran yang bersifat internal.

5. G.A. Kimbleg

Pembelajaran merupakan komunikasi dua arah yang dilakukan oleh guru dan murid. Perubahan pemahaman yang terjadi pada siswa akan bersifat kekal dan relatif bisa dipertahankan jika diimbangi dengan latihan.

6. Dimyati dan Mudjiono

Pembelajaran menjadi sebuah kegiatan yang dilakukan oleh guru secara terprogram dalam bentuk instruksional.

Dengan begitu, siswa dapat belajar dengan lebih aktif dan menekankan pada penyediaan sumber belajar yang lebih beragam.

7. Arifin

Pembelajaran merupakan kegiatan sistematis yang bersifat interaktif dan komunikatif antara siswa, guru, lingkungan, sumber belajar guna menciptakan suatu kondisi belajar yang lebih menyenangkan.

8. Corey

Pembelajaran diartikan sebagai proses dimana lingkungan seseorang dengan sengaja dikelola untuk mengubah tingkah laku serta menghasilkan respon yang lebih baik pada proses belajar.

9. Sugandi dkk

Pembelajaran dapat bersifat eksternal yang mana guru disebut sebagai pengajar dan murid sebagai peserta didik.

Pembelajaran dengan sifat eksternal mengedepankan prinsip-prinsip belajar yang lebih modern, sehingga lebih menyenangkan.

10. Briggs

Pembelajaran adalah seperangkat peristiwa yang mampu mempengaruhi proses belajar, sehingga siswa memperoleh kemudahan dalam interaksi dengan materi dan lingkungan.

11. Woolfolk

Pembelajaran didefinisikan sebagai pengalaman yang secara relatif menghasilkan perubahan dalam ilmu pengetahuan dan tingkah laku.

12. Syah

Pembelajaran adalah upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk dapat mengajarkan sesuatu kepada orang lain.

13. David Ausubel

Pembelajaran merupakan bagian dari teori belajar yang memiliki makna dan klasifikasi. Pembelajaran berhubungan langsung dengan materi belajar yang akan diberikan untuk para siswa.

14. Slavin

Pembelajaran diartikan sebagai sebuah perubahan tingkah laku seorang individu yang disebabkan oleh pengalaman yang diperoleh.

15. Trianto

Pembelajaran merupakan bagian dari aspek kegiatan manusia yang bersifat kompleks yang tidak semua bagiannya dapat dijelaskan.

Secara sederhana, pembelajaran diartikan sebagai interaksi berkelanjutan yang dilakukan atas dasar pengembangan dan pengalaman hidup.

Sedangkan untuk arti yang lebih kompleks, pembelajaran adalah usaha seorang guru yang mengarah pada jenis interaksi bersama siswa guna mencapai tujuan yang diinginkan.

16. Komalasari

Pembelajaran termasuk dalam proses pelajar yang sudah direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi secara sistematis guna mencapai tujuan belajar yang lebih efisien.

17. Rahil Mahyuddin

Pembelajaran adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan keterampilan kognitif berupa penguasaan terhadap perkembangan intelektual dan penguasaan sebuah disiplin ilmu.

18. Knowles

Pembelajaran diartikan sebagai suatu cara atau metode yang terorganisir guna mencapai tujuan pendidikan yaitu menyampaikan materi belajar secara efisien kepada siswa.

19. Sanjaya

Pembelajaran merupakan sebuah sistem komplek yang keberhasilannya dapat dilihat dari 2 aspek, yaitu proses dan produk.

Produk sebagai hasil dari belajar, sedangkan proses adalah jalan atau keadaan saat materi belajar disampaikan.

20. Achjar Chalil

Pembelajaran didefinisikan sebagai proses interaksi antara peserta didik dan guru pada sebuah lingkungan belajar.

21. Oemar Hamalik

Pembelajaran adalah kombinasi lengkap dari segala unsur yang dibutuhkan dalam proses belajar seperti fasilitas, prosedur, hingga perlengkapan, sehingga tujuan belajar pun dapat dicapai secara lebih maksimal.

22. Crow & Crow

Pembelajaran merupakan proses pemerolehan pengetahuan, sikap, dan tabiat. Melalui sistem pembelajaran, siswa dapat memperbaiki sikap dan juga pola pikirnya.

23. Munif Chatib

Pembelajaran adalah proses transfer ilmu yang dilakukan secara dua arah. Guru bertugas sebagai pemberi informasi, sedangkan siswa sebagai penerima informasi.

Ciri-Ciri Pembelajaran

Pembelajaran memiliki ciri-ciri serta karakteristik tersendiri yang membuatnya berbeda dengan sistem lainnya.

Simak ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Pembelajaran mampu menumbuhkan motivasi dan perhatian siswa dalam belajar.
  • Pembelajaran dilakukan dengan sadar dan sudah direncanakan secara sistematis dan teratur.
  • Pembelajaran bisa menggunakan alat bantu belajar guna menarik perhatian dan meningkatkan suasana belajar yang lebih menyenangkan.
  • Pembelajaran menyediakan bahan belajar yang lebih menarik dan menantang bagi para siswa.
  • Pembelajaran membuat siswa dapat menerima materi secara maksimal, baik fisik maupun psikologis.

Manfaat dan Tujuan Pembelajaran

Dengan adanya tujuan yang ingin diraih, sistem pembelajaran akan terlihat lebih jelas dan efektif. Hal ini tentu akan berbanding lurus dengan hasil pembelajaran yang semakin optimal.

Dalam proses meraih tujuan, terdapat beberapa manfaat atau keuntungan yang bisa didapatkan dari sistem pembelajaran. Apa saja hal tersebut? Berikut informasinya:

  • Sistem pembelajaran memberikan kebebasan kepada guru untuk memutuskan durasi materi yang akan disampaikan dalam jam belajar di kelas maupun visual.
  • Guru dapat memutuskan rangkaian mana yang lebih akurat untuk sistem pembelajaran. Hal ini akan membuat siswa lebih leluasa untuk mempelajari sebuah materi.
  • Dengan adanya sistem pembelajaran, fokus materi bisa lebih proporsional. Dengan demikian, materi dapat dikemas dengan lebih singkat, padat dan jelas.
  • Sistem pembelajaran membuat guru lebih optimis untuk mencapai tujuan guna meningkatkan kesuksesan para siswa dalam pemahaman materi.
  • Sistem pembelajaran dapat digunakan secara lebih maksimal, sehingga proses belajar dapat berjalan dengan lebih efisien.
  • Guru bisa lebih leluasa membuat strategi pembelajaran yang sesuai dengan keadaan setiap kelas.
  • Guru bisa mengukur kemampuan siswa melalui sistem pembelajaran.
  • Guru dapat menentukan sendiri dan mengatur berbagai kebutuhan alat peraga yang akan digunakan dalam proses belajar.

Pemahaman yang lebih dalam tentang pengertian pembelajaran membuat Anda mampu memahami tujuan serta manfaatnya dengan lebih terperinci.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk menerapkan metode belajar agar pembelajaran mampu mencapai tujuannya.

                                     
           

UX / User Experience

Deskripsi: Pengertian User Experience (UX), fungsi, dan penggunaannya. User...
Hans
2 min read

Cara Membuat Infografis

Deskripsi: Cara membuat Infografis agar konten semakin mudah di...
Hans
3 min read

Buku Pengembangan Diri

Deskripsi: Buku Pengembangan Diri. Salah satu kunci untuk meraih...
rezky
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *