Perusahaan Sekuritas

2 min read

Deskripsi: Sekilas tentang perusahaan sekuritas. Daftar perusahaan sekuritas terbaik yang bisa kamu pilih.


Mengetahui daftar perusahaan sekuritas terbaik sangat penting bagi para calon investor. Sebab, Anda akan mengandalkan para broker dari perusahaan tersebut agar terhubung dengan bursa saham.

Karena jumlahnya cukup banyak, berikut rangkuman beberapa perusahaan terbaik yang menawarkan deposit ramah di kantong dan free trading yang rendah.

pengertian sekuritas
pengertian sekuritas

Pengertian dan Peran Perusahaan Sekuritas

Apabila menapaki dunia perdagangan saham, pasti akan mengenal perusahaan sekuritas.

Peran utamanya adalah menjadi penghubung antara Anda sebagai investor dengan pasar modal yang telah berlisensi jual beli efek.

Perusahaan sekuritas dijalankan oleh seorang broker yang menawarkan tiga jenis layanan yaitu full service broker, discount broker, dan deep discount broker.

Full service broker memberikan jasa lengkap mulai dari memberikan rekomendasi, menganalisa pasar hingga mengeksekusi keinginan investor.

Sehingga broker mematok harga tinggi. Selanjutnya adalah discount broker yang hanya memberikan rekomendasi dan analisis.

Terakhir, deep discount broker hanya bertugas memelihara rekening investor sekaligus melakukan jual beli.

Bagaimana cara mengetahui kualitas perusahaan sekuritas? Anda harus memerhatikan 5 faktor penting, antara lain perizinan, kompetensi, biaya, reputasi, dan likuiditas.

Perusahaan sekuritas harus memiliki izin dari Badan Pengawas Pasar Modal.

Kompetensi diukur dari ketepatan dan kecepatan dalam melakukan analisis pasar.

Selanjutnya, pastikan biaya yang dibebankan sebanding dengan kualitas pelayanan karena menunjukan reputasi dari perusahaan tersebut.

Daftar Perusahaan Sekuritas yang Memiliki Biaya Trading Terendah

1. BNI Sekuritas

Bank Negara Indonesia membuka anak perusahaan khusus pasar modal yang diberi nama BNI Sekuritas. Terdapat tiga akun yang ditawarkan yaitu reguler, syariah dan margin.

Khusus akun reguler dan syariah membebankan minimal setoran awal 1 juta rupiah sedangkan akun margin sebesar 200 juta rupiah. Fee beli saham 0,15% per transaksi dan fee jual saham 0,25%.

2. Mirae Asset Sekuritas

Daftar perusahaan sekuritas terbaik selalu memiliki spot yang ditempati Mirae Asset. Rekening Dana Investor yang digunakan adalah Bank Mandiri, BCA, CIMB Niaga dan Permata.

Anda bisa memilih akun syariah, day trading, dan reguler yang setoran awalnya 10 juta rupiah atau margin dengan setoran awal 200 juta rupiah. Besaran biaya beli saham yaitu 0,15% dan biaya jual 0,25%.

3. NH Korindo Sekuritas

NH Korindo menjadi perusahaan emisi efek yang juga memiliki fee trading rendah. Biaya beli sahamnya sebesar 0,18% dan biaya jualnya 0,28%.

Penerimaan dana transfer akan dicairkan melalui Bank Mandiri, BCA, atau CIMB Niaga. Anda bisa memilih antara akun reguler dan day trading yang minimal setoran awalnya sama-sama 5 juta rupiah.

4. Stockbit dan Sinarmas sekuritas

Aslinya, Stockbit adalah komunitas online para pebisnis saham untuk saling bertukar informasi. Kerja sama yang terbangun dengan Sinarmas Sekuritas, membuat pengguna Stockbit bisa melakukan perdagangan saham.

Fee beli saham hanya dikenakan 0,15% sedangkan fee untuk jual sebesar 0,25%. Jumlah minimal setoran awal sebanyak 500 ribu rupiah dan khusus untuk pengguna versi Pro menjadi 5 juta rupiah.

Daftar Perusahaan Sekuritas yang Tidak Mensyaratkan Modal Tinggi

1. Indo Premier Sekuritas

Sejak tahun 1966, Indo Premier menjadi sekuritas yang menawarkan modal awal terkecil sebesar 100 ribu rupiah saja untuk semua sektor usaha.

Pilihan bank untuk Rekening Dana Investor yaitu Mandiri, BCA, dan CIMB Niaga. Tidak mengherankan apabila kalangan ibu rumah tangga, dan mahasiswa bergabung menjadi investor.

2. Trimegah Sekuritas

Hanya dengan minimal deposit 100 ribu rupiah, Anda sudah bisa berinvestasi melalui Trimegah Sekuritas.

Bagi para calon investor akan dipermudah dengan adanya fitur e-learning di aplikasi trading saham miliknya yakni Trima.

Anda bisa membuka akun secara online ataupun offline dengan langsung mendatangi kantor. Perusahaan ini bermitra dengan BCA sebagai bank RDN.

3. MNC Sekuritas

Perusahaan penjamin emisi ini layak masuk daftar perusahaan sekuritas terbaik karena memiliki fitur unggulan Super Order yang mampu meningkatkan keuntungan.

Deposit awalnya hanya 100 ribu rupiah. MNC Sekuritas bekerja sama dengan Bank Mandiri, CIMB Niaga, Permata, BRI, dan BCA untuk RDI. Layanan tradingnya lebih mudah dan cepat karena diakses secara online.

..

Melakukan transaksi saham memang tidak selalu menguntungkan. Dengan memilih jasa broker yang tepat setidaknya Anda bisa meminimalisir potongan biaya saat Anda bertransaksi.

Besarnya keuntungan juga tergantung dari modal awal yang ditanam, namun tetap sesuaikanlah dengan budget yang dimiliki.

                                     
           

Daftar Situs Freelance

Deskripsi: Referensi situs freelance terbaik di Indonesia dan luar...
Hans
3 min read

Apa itu Afiliasi?

Deskripsi: Pengertian Program Afiliasi, cara kerja dan keunggulannya. Afiliasi...
Hans
2 min read

Pengertian Marketplace

Deskripsi: Pengertian Marketplace, jenis-jenis dan keuntungannya. Di era digital...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *