Pengertian Aplikasi

3 min read

Deskripsi: Pengertian Aplikasi, fungsi, klasifikasi, dan contoh aplikasi.


Apa sebenarnya aplikasi itu? Pengertian aplikasi adalah software yang diprogram di dalam komputer untuk melakukan perintah tertentu dan dikembangkan dengan teknologi tertentu.

Istilah aplikasi diambil dari “application” yang artinya adalah penerapan ataupun penggunaan. Secara umum, aplikasi adalah penerapan software untuk melakukan berbagai tugas di komputer atau smartphone.

Pengembangannya, aplikasi dibagi menjadi tiga kelompok, yakni aplikasi desktop (aplikasi untuk PC), aplikasi web (aplikasi untuk koneksi internet dan komputer) dan aplikasi mobile (aplikasi untuk perangkat mobile).

Umumnya, aplikasi bisa dijalankan di semua perangkat.  

Pengertian Aplikasi
pengertian aplikasi, via canva.com

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami makna aplikasi, berikut beberapa pendapat yang dijabarkan oleh para ahli:

1. Hengky W Pramana

Aplikasi merupakan software khusus yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas manusia. Contohnya melayani masyarakat, periklanan, game, niaga, kebutuhan pribadi, dan aktivitas lainnya.

2. Harip Santoso

Aplikasi merupakan kelompok file yang dihadirkan di dalam masyarakat untuk eksekusi kegiatan tertentu agar saling berhubungan. Sebut saja seperti aplikasi payroll dan fixed asset.

3. Sri Widianti

Arti aplikasi menurut Sri Widianti adalah software yang dibuat untuk komponen front and sistem yang nanti digunakan untuk pengolahan data agar menjadi informasi yang berguna bagi pengguna dan masyarakat sekitar.

4. Rachmad Hakim S

Aplikasi disebut sebagai software yang pembuatannya sudah memiliki tujuan tertentu, contohnya bermain game, mengolah data, pelayanan masyarakat, kesehatan, hingga kebutuhan lainnya.

5. Ali Zaki dan Smitdev Community

Menurut Ali Zaki dan Smitdev Community, pengertian aplikasi adalah komponen khusus yang digunakan untuk media pengoperasian olah data atau kegiatan lain seperti mengolah file dan sebagainya.

Fungsi Aplikasi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, aplikasi digunakan untuk membantu pekerjaan manusia diberbagai bidang agar lebih mudah.

Dalam kehidupan sehari-hari, aplikasi memiliki banyak fungsi. Adapun fungsi aplikasi sesuai bidangnya adalah sebagai berikut.

1. Bidang pendidikan

Aplikasi sering digunakan sebagai media pembelajaran dalam bidang pendidikan. Misalnya, aplikasi untuk menyajikan materi yang terbungkus di dalam Microsoft PowerPoint.

Menggunakan aplikasi tersebut, suasana belajar lebih maksimal, tidak monoton, dan nyaman untuk dilakukan.

2. Bidang kedokteran

Peran aplikasi tentu banyak pula digunakan dalam bidang kedokteran. Fungsinya untuk membantu dokter ketika mendiagnosa penyakit pasien, menawarkan perawatan medis secara rutin, hingga meracik obat untuk kesehatan pasien.

Banyak aplikasi yang dikembangkan untuk dunia medis, sehingga antara aplikasi dan dunia kedokteran tidak dapat dipisahkan.

3. Bidang bisnis

Menghitung laba secara manual dinilai akan merepotkan, belum lagi butuh waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

Dibidang bisnis, aplikasi menjadi titik nadi yang paling penting karena membantu segala aktivitasnya. Aplikasi sering dipakai untuk menghitung keuntungan yang didapat pengusaha.

4. Bidang Ilmu Pengetahuan

Dibidang ilmu pengetahuan, aplikasi membantu memeroleh informasi yang ada kaitannya dengan pengetahuan. Banyak sekali aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.

Baru-baru ini, aplikasi dikembangkan agar siswa dan pengajar bisa saling berkomunikasi. Bahkan aplikasi juga dipakai untuk media pembelajaran sebagai penyampai ilmu pengetahuan yang dimaksud.

5. Bidang militer

Fungsi aplikasi juga banyak digunakan dalam bidang militer. Fungsinya untuk mengontrol pesawat, membuat proses manajemen di bidang militer lebih akurat, terintegrasi, dan mudah dilakukan agar keamanan negara lebih terjaga.

Klasifikasi Aplikasi

Aplikasi di sekitar kita sangat melimpah dan terus berkembang hingga sekarang. Agar aplikasi mudah digunakan dan dikenal masyarakat, aplikasi terbagi menjadi beberapa jenis.

Berikut klasifikasi aplikasi tersebut:

1. System Software

Aplikasi yang mengolah sekaligus mengendalikan proses operasi internal di komputer. Jenis aplikasi ini menjadi inti sebuah jaringan komputer.

2. Real time software

Aplikasi yang tujuannya untuk menganalisa, mengamati, sekaligus mengendalikan sebuah kejadian yang tengah berlangsung di sekitar masyarakat

3. Business Software

Aplikasi yang dibuat dan dikembangkan untuk bisnis. Misalnya untuk mengatur keuangan, manajemen pemasaran, memantau karyawan dan masih banyak lainnya

4. Engineering and Scientific Software

Aplikasi yang dikembangkan dan dibuat untuk menolong manusia dari berbagai masalah yang sifatnya tanpa algoritma khusus

5. Web Based Software

Aplikasi yang bertujuan untuk media penghubung internet dengan pengguna secara langsung

6. Personal Computer Software

Aplikasi khusus yang dikembangkan untuk penggunaan pribadi.

Contoh Aplikasi PC yang Sering Digunakan

Banyak berbagai contoh aplikasi yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Sejak bangun tidur hingga tidur lagi, kemungkinan Anda sering menggunakan beberapa aplikasi.

Adapun contoh aplikasi yang sering dipakai sebagai berikut

  • Microsoft Word, aplikasi yang digunakan untuk membuat, membaca, mengolah dan mengedit dokumen dengan fitur dan perintah yang lengkap. Biasanya aplikasi dipakai untuk menulis di komputer.
  • Microsoft Excel, aplikasi yang digunakan untuk membantu untuk membuat tabel hingga pengolahan angka. Di dalam aplikasi tersebut terdapat banyak kolom dan tabel serta fitur yang bisa dipakai. Setiap fitur mempunyai fungsi masing-masing
  • Microsoft PowerPoint, aplikasi yang dipakai untuk menampilkan data atau sesuatu dalam konsep presentatif. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk memberitahu khalayak umum dalam bentuk presentrasi.
  • Adobe Photoshop dan Corel Draw, aplikasi untuk mengolah file gambar dan membuat suatu desain.
  • Gom Player, Windows, Winamp, aplikasi untuk memutar video dan lagu dengan berbagai format yang telah disediakan
  • Adobe Reader, aplikasi yang digunakan untuk membaca dokumen seperti pdf, docx dan sebagainya
  • Google, Opera, Mozzila Firefox, aplikasi browser yang fungsinya membantu pengguna untuk menjelajahi internet dengan mudah.

Beberapa Contoh Aplikasi Populer Android

Perkembangan aplikasi di Indonesia sangat pesat, terlebih di tahun 2020 yang menjadi pusat perkembangan digital.

Disetiap perkembangan tersebut, ada beberapa nama aplikasi populer yang paling banyak digunakan. Berikut beberapa aplikasi populer yang sering digunakan saat ini.

1. Hago

Ingin chatting dan main game sekaligus? Anda bisa memakai aplikasi Hago. Aplikasi ini banyak dipilih kawula muda untuk bermain game barsama teman.

Dalam aplikasi ini, pengguna bisa bermain game dan saling mengenal dengan sesama pengguna Hago sehingga lebih seru.

2. ShareIt

Aplikasi populer di tahun 2020 berikutnya adalah ShareIt. Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan penggunanya membagikan berbagai data, berupa foto, film, dokumen, file, dan masih banyak lainnya.

Kecepatan menggunakan aplikasi ini sangat tinggi dibanding aplikasi lain sejenisnya.

3. Helix Jump

Aplikasi populer ini termasuk ke dalam game online yang menjanjikan di era tahun 2020. Game ini memiliki tampilan yang benar-benar adiktif, hingga membuat para pemain merasa sangat gereget ketika memainkannya.

Pemain harus membawa bola hingga ke dasar dengan melintasi berbagai rintangan yang telah disediakan.

4. Youtube Go

Youtube Go merupakan aplikasi yang populer tahun ini. Dengan mendownload aplikasinya, pengguna mendapat banyak fitur tambahan yang benar-benar asyik.

Sebut saja mendowload video hingga mengunggah video dengan kualitas seperti yang Anda inginkan.

Pengertian aplikasi menjadi hal penting yang harus dipahami sebelum menggunakannya. Aplikasi bisa disebut sebagai nyawa perangkat komputer dan smartphone. Tanpa aplikasi, sebuah perangkat tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *