Bahasa Pemrograman Komputer

3 min read

Pengertian Bahasa Pemrograman, – Tahukah Anda bahwa di balik beragam aplikasi atau software canggih yang digunakan untuk mengoperasikan beragam fitur dan sistem pada komputer terdapat bahasa yang harus dipahami.

Sebagian bahasa tersebut mungkin tidak dipahami oleh banyak orang karena bentuknya berupa kode. Inilah yang disebut sebagai bahasa pemrograman komputer sangat berguna di era kini.

Anda bisa menciptakan atau mengembangkan inovasi teknologi paling baru jika memahami bahasa tersebut.

Serta mengembangkan produk digital unik yang dapat dimanfaatkan sebagai ladang untuk memperoleh banyak penghasilan menguntungkan.

Sebelum Anda mencoba mempraktikannya, sebaiknya pahami pengertian, jenis, sekaligus tingkatan bahasa terlebih dulu

pengertian bahasa pemrograman komputer
pengertian bahasa pemrograman komputer, via canva.com

Apa itu Bahasa Pemrograman?

Agar Anda memperoleh pemahaman dengan baik dan mendalam tentang sistem dan bahasa pemrograman, maka Anda bisa mempelajainya di bidang disiplin ilmu informatika.

Namun, saat ini juga banyak orang yang mampu mempelajarinya secara otodidak. Bahkan sebagian dari mereka yang berhasil melakukannya secara otodidak bisa menjadi lebih handal.

Anda juga bisa menjadi bagian dari para ahli komputer atau programmer dengan mempelajarinya secara otodidak didorong oleh ketekunan dan niat untuk mempelajarinya.

Hal dasar yang perlu Anda pahami lebih dulu adalah bahasa pemrograman komputer secara umum. Kemudian Anda bisa mendefinisikannya secara khusus jika telah berhasil mempraktikannya.

Pengertian bahasa pemrograman dimaknai sebagai sebuah serangkaian perintah atau instruksi yang telah tersistem dan memiliki penyelesaian masalah.

Secara garis besar Anda bisa memahaminya sebagai sistem instruksi dengan tujuan untuk memberikan perintah kepada komputer agar  menjalankan fungsi dan tugas tertentu.

Isi atau struktur dari bahasa pemrograman berupa satu paket aturan secara semantik atau sintaks untuk memberikan definisi yang jelas pada tiap program komputer.

Dari sinilah seorang progammer bisa mengambil ketentuan atau pilihan data yang perlu diproses lebih dulu oleh komputer. Lebih tepatnya sebagai penentuan langkah program selanjutnya yang akan diambil.

Jenis Bahasa Pemrograman Komputer

Bahasa pemrograman memiliki ragam yang banyak dan bervariasi, hal ini memudahkan programmer untuk mengkategorikan program dengan bahasa tertentu.

Berikut adalah berbagai macam bahasa pemrograman komputer yang perlu Anda pelajari sebelum melangkah lebih jauh untuk mengembangkan beragam software atau aplikasi menarik.

1. Bahasa Pemrograman Java

Java merupakan jenis bahasa pemrograman yang mudah diterapkan di berbagai perangkat dan media termasuk komputer maupun telepon genggam.

Penggunaan dan pengembangannya tidak kalah populer karena bahasa ini cenderung lebih mudah dipahami. Namun, Anda perlu tahu bahwa bahasa Java ini berbeda dengan Java Script.

Keduanya cenderung disalahartikan sebagai jenis bahasa pemrograman yang sama padahal sama sekali berbeda.

Jika Java Script umumnya menggunakan model bahasa yang mirip teknik scripting yang umumnya diterapkan pada situs web atau browser. Sedangkan Java tidak, karena umumnya diterapkan pada perangkat telepon pintar.

2. Bahasa Pemrograman C

Salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di seluruh dunia karena berguna untuk memprogram berbagai jaringan sekaligus sistem komputer adalah bahasa C.

Hingga kini bahasa pemrograman C terus digunakan untuk mengembangkan beragam jenis perangkat lunak dan aplikasi.

C sering dipakai pada beberaa jenis platform yang menggunakan sistem arsitektur serta sistem operasi. Di dalamnya banyak tersedia beragam compiler yang cukup populer di kelompok bahasa pemrograman komputer.

3. Bahasa pemrograman Ruby

Jenis bahas pemrograman Ruby ini lebih cenderung pada skrikting dengan orientasi pada objek utama.

Fungsi dan tujuan Ruby adalah penggabungan beragam kelebihan yang berasal dari seluruh bahasa pemrograman yang bersifat skripting di seluruh dunia.

Penulisan bahasa Ruby biasanya menggunakan sistem bahasa pemrograman C. Namun yang memiliki dasar kemampuan yang mirip dengan bahasa pemrograman Phyton atau Perl.

4. Bahasa Pemrograman Phyton

Jenis bahasa yang kegunannya cenderung bisa diterapkan pada beragam program secara dinamis adalah Phyton karena orientasinya pada objek tertentu.

Phyton lebih fleksibel untuk diterapkan pada beragam perangkat lunak dengan berbagai keperluan serta dapat dijalankan pada beragam sistem operasi.

5. Bahasa Pemrograman Coldfusion

Bahasa permorgraman yang berasal dari server aplikasi adalah Coldfusion yang lebih mudah untuk dikembangkan oleh banyak pihak termasuk Anda sebagai pemula.

Coldfusion juga berasal dari framework yang hanya ada pada beberapa perangkat lunak dan biasanya digunakan pada situs web dinamis.

6. Bahasa Pemrograman PHP

Bahasa yang cukup populer karena banyaknya pengguna yang menerapkan bahasa ini pada beragam software adalah PHP.

Bahasa pemrograman ini pertama kali diciptakan di tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf dengan nama awal FI atau Form Interpreted.

Bentuknya berupa kumpulan data script untuk sistem pengolahan data yang berasal dari form web.

7. Bahasa Pemrograman COBOL

Bahasa yang disebut sebagai COBOL merupakan singkatan dari Common Business Oriented Language yang termasuk ke dalam generasi ketiga.

Fungsi utama dari bahasa pemrograman untuk mengatasi beragam permasalahan berkaitan dengan sistem laporan pengeluaran, pengelolaan keuangan, perdagangan, bisnis di instansi atau lainnya.

8. Bahasa Pemrograman DELPHI

Delphi merupakan jenis bahasa pemrograman yang seringkali digunakan untuk mengembangkan beragam perangkat lunak pada aplikasi dekstop. Perangkat tersebut menggunakan enterprise yang berbasis database.

Menggunakan Delphi pada akhirnya akan mampu melakukan pengembangan yang sifatnya cenderung general purpose. Karena memiliki kecenderungan untuk dimanfaatkan pada beragam jenis proyek pengembangan perangkat lunak.

Tingkatan Bahasa Pemrograman Komputer

Selain jumlahnya yang sangat banyak dan beragam, bahasa pemrograman komputer juga memiliki tingkatan sesuai dengan berlakunya fungsi sistem bahasa komputer.

Anda hanya bisa menerapkan bahasa pemrograman tingkat tertentu pada jenis dan perangkat tertentu. Tingkat bahasa diperlukan untuk memberi batasan yang jelas seperti berikut ini.

1. Bahasa Mesin

Merupakan tingkat bahasa komputer paling rendah, karena Anda hanya perlu memasukkan kode biner. Contoh paling mudahnya misal menuliskan angka 0000101101110.

2. Bahasa Tingkat Bawah atau Rendah

Tingkat ini biasa disebut sebagai bahasa rakitan yang dipahami dengan istilah Assembly dalam bahasa Inggris.

Tujuannya adalah untuk memerintahkan komputer dengan penggunaan kode singkat yang disebut sebagai kode mnemonic. Seperti SUB, CMP, JMO, LOOP, dan sebagainya.

3. Bahasa Tingkat Menengah

Bahasa komputer tingkat menengah biasanya menggunakan bahasa campuran berupa instruksi dalam bahasa manusia yang mudah dimengerti.

Instruksinya merupakan perpaduan dari bahasa tingkat tinggi serta bahasa tingkat rendah, contohnya seperti kode yang bersifat simbolik, seperti >>, <<, &, ?, dan lainnya.

4. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi

Bahsa tingkat tinggi dalam pemrograman komputer menggunakan instruksi yang berasal dari beragam bahasa percakapan manusia pada umumnya sehingga lebih dimengerti.

Contoh dari penggunaan kode tersebut antara lain while, end, If, nad, or, begin, dan lainnya. Namun, agar komputer bisa mengerti penggunaan bahasa membutuhkan interpreter.

Semua orang yang memiliki niat serius untuk mengembangkan suatu penemuan berupa perangkat lunak pasti mampu mencapainya.

Namun, tahap paling dasar adalah memahami segala definisi, fungsi, macam, serta tingkatan bahasa pemrograman sesuai penjelasan di atas.

Itulah pembahasan dari pengertian bahasa pemrograman komputer dan tingkatannya, semoga bisa artikel ini menjadi referensi buat kamu untuk belajar.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *