Pengertian Barometer

2 min read

Deskripsi: Pengertian Barometer, aplikasinya pada Smartphone & Smartwatch.


Sebuah gadget seperti smartphone yang dilengkapi dengan fitur ramalan cuaca mungkin bukan hal yang asing lagi di zaman ini.

Tahukah kamu bahwa fitur tersebut ada karena peran barometer? Bagaimana ramalan cuaca bisa hadir dalam sebuah gadget?

Simak ulasan pengertian barometer dan informasi terkait lainnya berikut ini.

Pengertian Barometer

Barometer adalah alat yang dapat mengukur tekanan udara sehingga memungkinkan prediksi cuaca lebih akurat. Cuaca yang diramal pun mulai dari cuaca yang normal hingga ekstrem.

Jika tekanan udara terukur rendah, menunjukkan cuaca yang kurang bersahabat sehingga berpotensi terjadinya badai. Sedangkan cuaca yang bersahabat ditunjukkan dengan tekanan udara yang tinggi.

Tipe-Tipe Barometer

1. Barometer Air/Termometer Goethe

Barometer ini terdiri dari semacam cerat kecil dan wadah kaca tertutup yang terisi air setengahnya. Antara wadah dan cerat terhubung, itulah yang menyebabkannya terisi air.

Berikut mekanisme kerja barometer air :

  • Tekanan udara turun → tingkat air pada cerat akan naik melebihi tingkat air pada wadah kaca → cuaca tidak bersahabat
  • Tekanan udara naik → tingkat air pada cerat akan turun dibanding tingkat air pada wadah kaca → cuaca bersahabat

2. Barometer Air Raksa

Terdiri dari tabung kaca vertikal yang disegel pada ujung atas, sedangkan ujung tabung lainnya dibiarkan terbuka dan tenggelam dalam air raksa.

Barometer ini juga dilengkapi kolom merkuri di dalamnya. Potensi terjadinya badai ditunjukkan pada barometer air raksa sebagai berikut :

  • Tekanan udara turun → kolom merkuri dalam tabung juga turun → berpotensi terjadi badai
  • Tekanan udara naik → kolom merkuri dalam tabung naik → tidak berpotensi badai/badai berakhir

3. Barometer Aneroid

Dibanding barometer lainnya, barometer aneroid cenderung lebih rumit dibaca untuk mengetahui mekanisme perubahan tekanan atmosfer.

Barometer ini terdiri dari semacam logam lentur (sebagai kapsul/sel aneroid dari berilium dan tembaga) serta sebuah wadah.

Wadah tersebut ditutup setelah udara dikosongkan, dan logam akan menyusut atau mengembang ketika terjadinya perubahan tekanan luar.

Hal tersebut dibaca barometer aneroid sebagai perubahan tekanan udara.

4. Barograf

Barograf bekerja seperti barometer aneroid, hanya saja barometer ini juga bisa merekam hasil pencatatan perubahan tekanan udara selama periode waktu tertentu.

Barometer ini terbuat dari material silinder logam yang dilengkapi dengan lengan pena yang berfungsi mencatat hasil pengukuran (barogram) pada media tulis.

Barogram seringkali digunakan para ahli meteorologi untuk mempelajari potensi cuaca dan iklim di suatu tempat dalam jangka panjang.

5. Digital Barometer

Seiring berkembangnya teknologi, berita ramalan cuaca tidak lagi menggunakan barometer konvensional seperti yang telah disebutkan di atas.

Saat ini penggunaan barometer digital sudah umum karena hasil yang lebih akurat dan efisien.

Prinsip Kinerja Barometer

Kamu mungkin berpikir bahwa sebuah barometer konvensional sebenarnya tampak sederhana, namun memiliki manfaat luar biasa.

Keberadaan barometer pun memiliki sejarah tersendiri dan membuatnya tidak semudah yang dibayangkan.

Proses pembuatannya cukup kompleks untuk menunjukkan keakuratan dalam mengukur tekanan udara sehingga cuaca pun dapat diperkirakan.

Misalnya pada barometer raksa yang mengacu pada hukum fluida dalam ilmu fisika. Hukum fluida yang dimaksud berhubungan dengan:

  • Tekanan
  • Hukum kontinuitas
  • Manometer

Kamu bisa membayangkan prinsip kerja barometer seperti satu set timbangan, dimana ia akan bekerja dengan menyeimbangkan berat merkuri dalam tabung kaca terhadap tekanan udara.

Tingkat merkuri dalam tabung kaca akan naik jika beratnya kurang dari tekanan udara. Sedangkan jika tingkat merkuri dalam tabung akan turun saat beratnya lebih dari tekanan udara.

Aplikasi Barometer Pada Smartphone dan Smartwatch

1. Barometer pada Smartphone

Sensor barometer sangat berperan dalam mendukung aplikasi ramalan cuaca pada smartphone seperti Weather Forecast, Transparent Clock & Weather, GO Weather, dan lain-lain.

Peran sensor barometer pada aplikasi-aplikasi tersebut adalah untuk mengukur tekanan udara, memprediksi cuaca, sampai menghitung ketinggian di tempat tertentu.

2. Barometer pada Smartwatch

Selain pada smartphone, sensor barometer ini juga berperan pada aplikasi digital barometer pada smartwatch. Hal ini tentunya sangat membantu kegiatan menjadi fleksibel misalnya saat melakukan diving di laut lepas.

Pengertian barometer di atas bisa menjadi tambahan wawasan bagi kamu.

Barometer menjadi salah satu sensor pada gadget yang mampu memperkaya fitur teknologi, tentunya setiap aktivitas pun semakin mudah dilakukan seperti dalam ulasan di atas.

Kamu pun bisa mendapatkan informasi ramalan cuaca dengan cepat dan akurat karena adanya sensor ini.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *