Perangkat Jaringan Komputer

5 min read

Deskripsi: Macam-macam perangkat jaringan komputer, pengertian & fungsi dari server, client, router, modem, switch, HUB, NIC, repeater, bridge, access point ..


Internet merupakan sebuah jaringan yang digunakan sebagai sarana komunikasi. Penggunaan internet sebagai sarana komunikasi memiliki beberapa keunggulan apabila dibandingkan dengan media komunikasi yang lain.

Arus informasi yang dihasilkan jauh lebih cepat bahkan bisa menempuh jarak ratusan mil dalam waktu beberapa detik saja.

Kecepatan internet dalam mempercepat informasi memerlukan biaya investasi yang tidak sedikit. Untuk membangun koneksi yang baik harus dibangun jaringan internet secara terintegrasi.

Mulai dari LAN, MAN, WAN, dan GAN. Apabila Anda ingin terhubung dengan internet, Anda memerlukan beberapa komponen tambahan.

Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat jaringan adalah komponen-komponen hardware beserta software untuk membangun sebuah jaringan komputer.

Berikut pengertian perangkat jaringan dan fungsinya, yaitu router, modem, switch, nic, repeater, hub, bridge, dan lainnya.

A. SERVER

Server merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu pada sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan spesifikasi prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.

Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya contoh sepertihalnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.

Umumnya, di dalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur klien/server. Contoh dari layanan ini adalah DHCP, mail server, DNS server, dan lain-lainnya tergantung kebutuhan dan konfigurasi.

Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut, meskipun pihak ketiga dapat juga membuat layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan menanggapi permintaan dari klien.

Contoh sistem operasi server adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux.

Server biasanya terhubung dengan klien dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.

B. Komputer Client

Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata “komputer”, dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut sebagai komputer.

Kata komputer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu.

Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “orang yang menghitung” kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”.

Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikatdan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

C. Router

1. Pengertian Router

Router adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan lebih dari satu jaringan. Jaringan yang dihubungkan bisa memiliki teknologi yang sama maupun berbeda.

Jaringan yang saling terhubung tersebut bisa berkomunikasi dengan cara mengirimkan data antara satu dengan yang lainnya.

2. Fungsi Router

Beberapa fungsi router dapat dijabarkan seperti berikut ini.

  1. Menghubungkan beberapa jaringan menjadi satu.
  2. Mentransmisikan data yang diinginkan pada perangkat yang lain.
  3. Menghubungkan jaringan lokal dengan koneksi DSL.

Router menghubungkan beberapa jaringan menjadi satu dengan melakukan proses koneksi. Proses koneksi tersebut dilakukan dengan cara mendistribusikan IP address kepada komputer lain dalam jaringan.

Distribusi tersebut bisa dilakukan dengan cara statis maupun dengan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol).

D. Modem

1. Pengertian Modem

Modem merupakan singkatan dari dua buah  kata yaitu demodulator dan modulator. Modulator berfungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang kemudian siap untuk dikirimkan.

Sedangkan demodulator memiliki fungsi untuk memisahkan signal informasi yang berisi file, data, teks, suara, video, dan lain-lain dengan sinyal pembawa agar dapat diterima.

2. Fungsi Modem

Beberapa fungsi modem dapat dijabarkan sebagai berikut.

  1. Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.
  2. Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.
  3. Melakukan pemeriksaan paket data.
  4. Melakukan kompresi data.
  5. Menerima data.
  6. Mengirimkan data.

E. Switch

1.   Pengertian Switch

Pengertian Switch adalah sebuah komponen pada komputer yang digunakan untuk membentuk sebuah hubungan.

Hubungan tersebut dibuat dengan cara menghubungkan beberapa HUB menjadi satu agar membentuk jaringan yang lebih besar.

Switch juga bisa digunakan untuk menghubungkan banyak komputer menjadi satu. Sehingga, terpenuhinya jaringan dengan bandwidth besar tercapai.

2. Fungsi Switch

Switch digunakan untuk membuat koneksi antara beberapa komputer. Apabila koneksi tersebut bisa terjadi, maka lalu lintas informasi bisa terus mengalir.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa fungsi dari switch adalah untuk memanajemen lalu lintas data atau informasi yang terdapat pada jaringan komputer kompleks.

F. NIC atau Ethernet Card

1. Pengertian NIC

NIC merupakan singkatan dari kata Network Interface Card atau sering juga disebut sebagai Network Card.

Pengertian NIC adalah kartu yang digunakan sebagai jembatan untuk menghubungkan komputer ke sebuah sistem jaringan. Perangkat keras NIC sendiri terhubung langsung dengan motherboard.

2. Fungsi NIC

Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dimiliki oleh NIC.

  1. Transfer data.
  2. Mengontrol aliran data.
  3. Menerima data.

Beberapa fungsi NIC yang dijabarkan di atas menggambarkan pentingnya keberadaan NIC. Mulai dari pengiriman data, mengendalikan arus aliran data, dan penerimaan data.

Keberadaan NIC bertujuan agar aliran data menjadi lancar. Meski begitu, laju aliran data masih dipengaruhi oleh beberapa faktor lain.

G. Repeater

1. Pengertian Repeater

Seperti namanya, repeater memiliki fungsi pengulangan. Pengulangan yang dimaksud di sini adalah menyusun ulang sinyal digital yang rusak akibat proses pengiriman.

Keunggulan repeater pada sinyal digital dibandingkan pada sinyal analog adalah meminimalisasi kerusakan data.

Pada sinyal analog, semakin jauh jarak yang ditempuh maka sinyal akan semakin lemah. Sehingga, diperlukan penguat sinyal.

Namun, dengan sinyal diperkuat berkali-kali maka noise yang ada akan terakumulasi dan menjadi sangat parah apabila jarak yang dilewati sangat jauh.

Pada sinyal digital, tidak menggunakan penguat seperti signal analog. Melainkan menggunakan repeater. Repeater akan menyusun ulang sinyal yang rusak sehingga menjadi seperti semula.

Dengan begitu, tidak akan terjadi penumpukan noise sehingga kualitas data menjadi jauh lebih baik.

2. Fungsi Repeater

Beberapa fungsi repeater adalah sebagai berikut.

  1. Mempercepat aliran data atau informasi.
  2. Mempermudah pengiriman data atau informasi.
  3. Mengurangi noise.
  4. Menyusun ulang signal digital.
  5. Memudahkan akses Wi-Fi.
  6. Dapat mengcover area terpencil.
  7. Meminimalisir penggunaan jaringan kabel.
  8. Memperluas radius jangkauan signal.

H. HUB

1. Pengertian HUB

HUB memiliki istilah lain dan yang lebih dikenal sebagai istilah networks HUB. Pengertian HUB adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan antara sebuah komputer dengan komputer lainnya. Koneksi yang dijalin menggunakan HUB biasanya menggunakan bantuan kabel.

Perangkat yang bisa dihubungkan dengan HUB tidak hanya berupa komputer saja. Namun, beberapa perangkat lain yang masih memiliki kaitan dengan komputer juga bisa ikut dihubungkan.

Keuntungan dengan menggunakan HUB adalah perangkat ini memiliki banyak port ethernet.

Perangkat komputer yang dihubungkan dengan port ethernet dapat terhubung dengan LAN.

Sehingga, komputer tersebut dapat berhubungan dengan internet untuk bertukar data dan informasi. Sehingga, efisiensi pekerjaan menjadi semakin tinggi.

2. Fungsi HUB

HUB memiliki fungsi yang sangat bermanfaat. Apabila Anda menghubungkan banyak komputer dengan menggunakan HUB. Maka, komputer tersebut dapat saling berkomunikasi dan melakukan pertukaran data.

I. Bridge

1. Pengertian Bridge

Pengertian Bridge adalah sebagai sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan LAN.

Jaringan LAN yang satu dihubungkan dengan jaringan LAN lainnya sehingga membentuk sistem jaringan yang jauh lebih luas dan kompleks.

Apabila beberapa jaringan LAN dihubungkan menjadi satu, otomatis ukuran jaringan tersebut bisa menjadi lebih besar.

Sehingga, data maupun informasi yang dipertukarkan juga jauh lebih bayak. Hal tersebut akan sangat menguntungkan dalam berbagai lini kehidupan.

2. Fungsi Bridge

Berikut ini adalah beberapa fungsi bridge.

  1. Berfungsi sebagai router pada jaringan yang luas.
  2. Menghubungkan beberapa jaringan komputer yang terpisah.
  3. Menghubungkan jaringan LAN dengan LAN yang lain.

J. Access Point

1. Pengertian Access Point

Pengertian access point adalah sebuah peranti jaringan untuk menghubungkan komputer dengan sistem jaringan lokal (LAN) secara nirkabel.

Teknologi yang dapat digunakan adalah Wi-Fi, Bluetooth, Wireless, dan lain sebagainya. Access point memerlukan bantuan komponen lain agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

2. Fungsi Access Point

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari Access Point.

  1. Sebagai sistem keamanan dalam wireless.
  2. Alat untuk mengatur IP address secara otomatis.
  3. Penghubung jaringan yang menggunakan kabel dengan jaringan nirkabel.
  4. Penyebar signal internet.

Agar sebuah komputer dapat terhubung dengan internet, sangat diperlukan beberapa komponen tambahan.

K. Kabel

Kabel merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari satu tempat ke tempat lain.

Kabel seiring dengan perkembangannya dari waktu ke waktu terdiri dari berbagai jenis dan ukuran yang membedakan satu dengan lainnya.

Berdasarkan jenisnya, kabel terbagi menjadi 3 yakni kabel tembaga (copper), kabel koaksial, dan kabel serat optik.

L. Konektor

Konektor merupakan alat yang di pasang pada masing masing ujung kabel jaringan untuk menghubungkan adapter network dengan kabel.

Berbagai jenis konektor jaringan ini harus disesuaikan dengan tipe dan jenis kabel jaringan yang dipakai.

  • Konektor RJ-45, untuk Kabel UTP
  • Konektor BNC/T, untuk Kabel Coaxial
  • Konektor ST, untuk Kabel Fiber Optic

Dengan penjelasan diatas tentang pengertian perangkat jaringan komputer, seperti router, modem, switch, NIC, repeater, HUB, bridge, access point, dan jenis lainnya. Semoga bermanfaat.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *