Inspirasi Usaha Sampingan Karyawan

3 min read

Deskripsi: Daftar usaha sampingan karyawan, bisa kamu mulai berdasarkan hobby mu. Semoga menginspirasi ya.


Menjadi karyawan merupakan keinginan sebagian masyarakat Indonesia, artinya seseorang telah mempunyai pekerjaan dan tidak menjadi pengangguran.

Akan tetapi ada sebagian lagi yang ingin mendirikan usaha sendiri.

Karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan pasti punya niat yang berbeda-beda, dengan mengandalkan gaji yang di peroleh setiap bulan, karyawan tidak perlu lagi khawatir akan keuangannya.

Bekerja di perusahaan besar maupun kecil bukan masalah, yang masalah adalah ketika masih menjadi  pengangguran.

Karyawan yang bekerja di perusahaan besar tentu berbeda dengan karyawan yang bekerja di perusahaan kecil.

Bisa dilihat dari segi pengahasilan yang diterima setiap bulan, cuti yang diberikan setiap setahun, atapun diberikannya jaminan-jaminan yang lain sesuai dengan kebijakan perusahaan tersebut.

Menjadi karyawan tentu mempunyai kebanggaan tersendiri, bangga bisa mempunyai penghasilan tetap setiap bulan secara rutin, bisa mencukupi kebutuhannya sendiri.

Dan juga bisa menyisihkan penghasilannya untuk menyenangkan kedua orang tua karena dalam masyarakat sekarang anak yang berpenghasilan tinggi akan bisa meningkatkan derajat orang tuanya.

Walaupun karyawan dijamin dapat gaji setiap bulan, terkadang banyak karyawan yang merasa gaji yang diperoleh terasa kurang.

Hal ini dapat dilihat dari kebutuhan karyawan itu sendiri, karena setiap karyawan mempunyai kebutuhan yang berbeda dengan karyawan yang lain.

Karyawan yang merasa berpenghasilan rendah tentunya akan memikirkan cara yang lain dalam memperoleh penghasilan di luar dari penghasilan yang diperoleh sebagai karyawan, yaitu dengan memanfaatkan peluang usaha sampingan yang ada di sekitarnya.

Inspirasi Usaha Sampingan Karyawan
usaha sampingan karyawan

Daftar Usaha Sampingan Karyawan

Berbicara mengenai peluang usaha sampingan, kita akan menemukan beragam jenis usaha yang ada di sekitar kita untuk bisa dimanfaatkan.

Banyak karyawan yang tidak sadar akan peluang usaha akibat terlalu fokus dengan pekerjaannya. Anda hanya perlu memperhatikan peluang usaha di sekitar Anda seperti contoh dibawah ini.

1. Suka Memancing

Nah biasanya yang suka memancing adalah kaum laki-laki maka tentu pasti akan tau seluk beluk tentang dunia memancing.

Ketika sudah menjadi hobby, Anda bisa memanfaatkan hobby memancing Anda untuk menjadi peluang usaha bisnis yang bisa Anda masukkan sebagai salah satu ide usaha.

Pengetahuan seseorang yang hobby memancing tentu tidak hanya sekedar tahu cara memancing yang benar akan tetapi pasti tahu teknik memancing dan juga peralatan yang dibutuhkan.

Memanfaatkan pengetahuan Anda dalam memancing, Anda bisa memulai dari menjual peralatan memancing yaitu alat-alat dan umpan dengan memasarkan kepada teman Anda yang mempunyai hobby memancing.

Dengan modal yang tidak sedikit, Anda bisa membeli peralatannya sedikit terlebih dahulu.

Anda juga bisa menjual teknik atau keahlian dalam memancing atau bisa juga menjadi trainer, ini cocok untuk pemula yang ingin mencoba memancing tetapi tidak tahu teknik yang benar.

Apabila Anda benar-benar tahu segala macam tentang dunia mancing, Anda bisa menjual keahlian Anda dalam bentuk eBook. Hal ini akan sangat memudahkan bagi seseorang di luar sana untuk membeli keahlian Anda.

2. Web Developer

Ketika seseorang mahir dan berkompeten di bidang web developer, ini bisa menjadi salah satu potensi yang besar dalam berbisnis di bidang web developer.

Saat ini banyak sekali pelaku bisnis perorangan atau berkelompok yang mempunyai sebuah website atau blog tapi mereka tidak mempunyai keahlian dalam membuat web.

Hal ini bisa menjadi keuntungan bagi para pelaku web developer untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan tentunya.

Banyak informasi yang bisa didapatkan dari beragam sumber mengenai penghasilan yang diperoleh seorang web developer.

Harga dari jasa dalam membuat web atau blog sangat beragam nominalnya tergantung dari mudah atau sulitnya dalam membangun sebuah web atau blog tersebut.

Biasanya harga yang di patok sekitar Rp 1 juta hingga bisa lebih dari Rp 50 juta per web atau blog.

Ketika Anda mempunyai keahlian sebagai web developer, kemungkinan penghasilan yang Anda dapatkan akan terus bertambah.

Mengingat sekarang banyak yang beralih atau memanfaatkan sebuah web atau blog sebagai ajang promosi dari sebuah bisnis yang sedang dijalankan.

3. Ahli Tentang Alat Musik

Tidak sedikit masyarakat yang ingin mempunyai kemampuan dalam bermain alat musik, bahkan banyak yang rela membayar mahal agar supaya bisa bermain musik.

Alat musik sendiri beragam jenisnya, tergantung dari Anda menguasai salah satu atau beberapa alat musik. Hal ini bisa Anda manfaatkan ketika Anda ingin memulai bisnis ini.

Anda bisa menjual beragam alat musik, tentu dengan biaya yang tidak sedikit, atau Anda bisa memulai dengan menjadi guru les privat khusus alat musik dengan bermodal kemampuan Anda.

Ketika menjadi guru les privat, Anda harus bisa mengatur waktu kerja sebagai karyawan maupun sebagai guru les.

Menjadi guru les privat musik, Anda bisa menjalankannya ketika weekend atau bisa malam hari ketika Anda benar-benar memiliki waktu luang, agar pekerjaan Anda sebagai karyawan tidak terganggu.

4. Fotografer

Semua orang bisa menjadi fotografer, tetapi tidak semua orang ahli dalam memainkan lensa kamera. Setiap orang memiliki keahlian yang berbeda-beda sebagai fotografer.

Biasanya setiap fotografer satu dengan yang lainnya memiliki keunikannya masing-masing.

Menjadi fotografer tentu mudah ketika Anda sudah memiliki keahliannya dan tentu tidak membutuhkan modal banyak, hanya berbekal kamera dan laptop untuk mengedit hasil foto untuk didapatkan hasil akhirnya.

Anda bisa menjual jasa sebagai fotografer kepada teman-teman dekat. Menawarkan jasa foto untuk acara keluaraga sepertiulang tahun atau acara pernikahan.

Hasil foto dari pekerjaan Anda bisa dipasang di sosial media sebagai porofolio untuk membangun reputasi Anda sebagai fotografer.

Awal mulai bisnis ini pasanglah tarif yang terjangkau untuk jasa Anda. Biasanya jasa sebagai fotografer sekitar Rp 1 juta atau bisa lebih.

Bisnis ini sangat cocok dijadikan sebagai bisnis sampingan, paling tidak Anda bisa mengantongi penghasilan yang cukup setiap bulan dari bisnis sampingan sebagai fotografer.

5. Menjadi Ojek Online

Anda tentu sudah memiliki kendaraan pribadi sebagai alat transportasi kemanapun Anda pergi, ke kantor misalnya. Dengan mempunyai kendaraan pribadi, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai ojek online loh.

Karena ini bisnis sampingan, jangan terlalu megejar target penghasilan yang tinggi. Cukup mencari penumpang dan antarkan ke tempat tujuan dengan selamat sesuai yang tertera pada aplikasi.

Menjadi ojek online, selain sebagai penambah penghasilan Anda akan bertemu penumpang dengan beragam karakter yang berbeda tentunya.

Bangunlah komunikasi yang baik dengan penumpang supaya penumpang nyaman dengan pelayanan Anda.

Sebenarnya masih banyak contoh yang bisa Anda jadikan referensi ketika Anda ingin memulai bisnis sampingan di luar dari Anda menjadi karyawan.

Bila Anda sudah nyaman dengan bisnis Anda dan ingin fokus kemudian Anda berrencana untuk resign, maka pertimbangkan lagi keputusan Anda.

Jangan gegabah, pikirkan kemungkinan apa yang nantinya terjadi dan Anda harus mempersiapkan segala sesuatu ketika Anda sudah mengambil keputusan.

Terimakasih sudah bersedia membaca artikel ini, semoga banyak membantu Anda dalam mencari inspirasi ?

                                     
           

Daftar Situs Freelance

Deskripsi: Referensi situs freelance terbaik di Indonesia dan luar...
Hans
3 min read

Apa itu Digital Nomad?

Deskripsi: Apa itu Digital Nomad? keuntungan serta tips sukses...
Hans
2 min read

Apa itu Afiliasi?

Deskripsi: Pengertian Program Afiliasi, cara kerja dan keunggulannya. Afiliasi...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *