HTTP dan HTTPS

3 min read

Deskripsi: Pengertian http dan https, sejarah, fungsi http, perbedaan http dan https, kelebihan https dan kekurangan http.


HTTP dan HTTPS merupakan salah satu bagian dari sebuah URL, bertindak sebagai Scheme yakni petunjuk yang spesifik mengenai penggunaan website. HTTP dan HTTPS berbeda, sesuai dengan keunggulan masing-masing.

Selain itu, penggunaan HTTP dan HTTPS diklaim bisa meningkatkan reputasi website di mata mesin pencari.

Kedua sebutan ini merupakan link yang dapat digunakan untuk mengakses alamat website atau halaman situs.

Seperti contoh ketika Anda melakukan belanja online, pada bagian nama domain tampak sebuah gembok berwarna hijau dengan tulisan HTTPS sebelum nama domain dari halaman situs atau website belanja tersebut.

Pengertian HTTP dan HTTPS
pengertian HTTP dan HTTPS, via canva.com

HTTP dan HTTPS

Secara umum HTTP berguna sebagai protokol aplikasi pada sistem informasi terdistribusi, hypermedia dan kolaboratif.

Bisa dikatakan sebagai dasar komunikasi data yang diperlukan dalam World Wide Web (WWW) dengan bentuk rangkaian teks terstruktur dan memakai link antar kode memakai teks.

Sementara itu, HTTPS secara umum memiliki fungsi yang sama dengan HTTP, tetapi satu kelebihan dimiliki HTTPS dari segi keamanan.

HTTPS memiliki sistem keamanan yang lebih baik ketimbang HTTP yang sangat berguna bagi keamanan para pengguna di jaringan internet.

Pengertian HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

Beberapa pegertian HTTP dari beberapa sumber:

1. Oxford Dictionaries

Menurut Oxford Dictionaries, yang dimaksud dengan HTTP adalah sebuah protokol transfer data yang dipakai atau digunakan dalam alamat mesin pencari internet, World Wide Web (WWW).

2. Wikipedia

Menurut Wikipedia, yang dimaksud dengan atau pengertian dari HTTP adalah sebuah protokol aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif dan hypermedia. HTTP merupakan suatu dasar komunikasi data untuk World Wide Web.

3. Techtarget.com

Pengertian dari HTTP menurut techtarget.com adalah seperangkat aturan yang digunakan untuk mentransfer file berupa teks, gambar, grafis, suara, video hingga file multimedia lain yang terdapat di World Wide Web (WWW).

Selain itu, pengertian lain dari HTTP bisa dikatakan sebagai protokol sebuah aplikasi yang cara berjalannya berada di atas rangkaian protokol TCP atau IP yang merupakan sebuah protokol dasar untuk internet.

Fungsi HTTP

Hypertext Transfer Protocol atau HTTP adalah protokol yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara sistem yang berbeda.

Pada umumnya HTTP dipakai dalam pengiriman data yang dimulai dari website server ke browser yang nantinya berfungsi sebagai bagian untuk menampilkan halaman website.

Sejarah Singkat HTTP

Protokol ini telah digunakan sejak tahun 1990, seiring perkembangan zaman saat ini telah mengalami pembaharuan versi. Tentunya dengan pembaharuan tersebut, semakin meningkat pula fitur yang dimiliki.

HTTP bisa Anda temukan ketika pertama kali mengakses halaman situs atau website yang terletak pada awal nama domain. Satu masalah yang akan Anda temui ketika mengakses halaman situs memakai HTTP adalah dapat disalahgunakan.

Hal ini dikarenakan data yang dikirim dari browser menuju ke server tidak di enkripsi, akibatnya proses ini bisa disalahgunakan oleh pihak yang ingin mengambil keuntungan dari proses pengiriman data yang tidak terinkripsi tersebut.

Untuk menghindari tindak penyalahgunaan dari proses pengiriman data yang tidak terenkripsi itu, dapat digunakan salah satu versi yang memiliki sistem keamanan yang lebih tinggi dan pasti, yakni HTTPS.

Lalu, Apa itu HTTPS?

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) sering kali ditemukan ketika Anda mengunjungi sebuah halaman situs atau website.

HTTPS memiliki fitur yang sangat berguna untuk melakukan transaksi menggunakan uang, seperti pembayaran atau fitur yang digunakan untuk melakuan login.

Salah satu hal yang membedakan HTTPS dengan HTTP adalah ketika para pengguna mengakses situs pada website yang memakai HTTP, secara langsung atau otomatis akan dialihkan ke halaman website yang memakai HTTPS.

Memiliki pengertian yang tidak jauh berbeda dengan HTTP, HTTPS memiliki kelebihan yang tidak dipunyai versi lamanya dari segi keamanan.

Hypertext Transfer Protocol menggunakan Secure Socket Layer atau SSL, bisa juga dikenal dengan Transport Layer Security atau TLS, fungsinya adalah digunakan untuk lapisan aplikasi HTTP biasa.

Perbedaan Teknologi pada HTTP dan HTTPS

Secara umum, dasar fungsi yang dimiliki HTTP dan HTTPS sama saja dan tidak berbeda, hanya perbedaan diantara keduanya terletak pada kelebihan yang dimiliki masing-masing.

Data yang ditransmisikan melalui HTTP tidak terjamin aman, sebaliknya jika menggunakan HTTPS terbukti lebih aman, berikut ini beberap perbedaan antara keduanya.

1. Keamanan Transmisi Data

Perbedaan paling utama antara HTTP dan HTTP terletak pada sistem keamanan data yang ditransmisikan menggunakan kedua alat tersebut.

HTTPS menjamin keamanan data yang ditransmisikan, sementara HTTP tidak menjamin kemananan tersebut.

Kemudian, HTTPS memiliki tiga aspek yang dijadikan sebagai pertimbangan keamanan ketika melakukan transmisi data, ketiga aspek tersebut di antaranya adalah autentikasi server, kerahasiaan data, dan integritas data.

2. Port yang Dipakai

Perbedaan selanjutnya antara HTTP dan HTTPS terletak pada jenis port yang digunakan, HTTP menggunakan port bernomor 80 secara default. Sementara itu, HTTPS menggunakan port dengan nomor 443.

3. Pemakaian SSL

SSL atau juga singkatan dari Secure Socker Layers merupakan sebuah teknologi yang dipakaikan pada HTTPS. Fungsi yang dimiliki oleh SSL tersebut adalah memungkinkannya dilakuakn enkripsi data yang ditransmisikan dari sebuah server ke pelanggan.

Penggunaan SSL ini diklaim memiliki banyak sekali manfaat, terlebih untuk situs-situs yang ingin menjaga kerahasiaan semua data yang dimiliki oleh para klien atau pengguna.

HTTPS banyak dipergunakan oleh situs-situs seperti e-commerce, perbankan, form regisrtasi dan lain sebagainya.

Kekurangan HTTP

Disebut sebagai protokol yang lebih banyak digunakan pada alamat website, bahkan termasuk situs perusahaan ternyata HTTP memiliki beberapa kekurangan alias kelemahan.

Berikut ini beberapa kelemahan menggunakan ptotokol HTTP.

1. Keamanan Tidak Terjamin

Website dengan domain HTTP yang digunakan banyak dipakai sebagai ajang penipuan, bisa juga digunakan untuk menyebar virus.

Perilaku ini biasanya dilakukan oleh orang atau pihak yang tidak bertanggung jawab, memanfaatkan protokol dengan tujuan untuk merugikan orang lain.

Misalnya seperti, penipuan lowongan kerja, penipuan undian berhadiah, kemudian alat untuk mentransfer virus dan bentuk kejahatan lainnya.

Hal ini membuar para pengguna internet memilih untuk berselancar di internet pada situs dengan memakai domain HTTPS.

2. Rentan Penyebaran Virus

HTTP sangat rawan akan penyebaran virus, mulai dari yang tidak berhaya hingga yang paling berhaya. Dampaknya adalah untuk merugikan para penguna internet.

Tingkat kerentanan terkena virus sangat tinggi,  alamat domain HTTP yang terjangkit virus jaringannya akan rusak .

3. Data Tidak Terenkripsi

Kemananan pada protokol HTTP masih kurang terjamin, dapat tampak pada website vital seperti online shop, website pemerintahan, internet banking yang memilih untuk menggunakan HTTPS ketimbang memakai HTTP.

Faktor yang menjadikan penyebab terjadinya hal itu adalah kelemahan yang membuat HTTP rentan terkena virus hingga pembajakan.

HTTP tidak dapat melakukan autentikasi, menjaga kerahasiaan data dan juga integritas layaknya protokol HTTPS.

Pengertian HTTP dan HTTPS di atas hanya sebagian kecil penjelasan mengenai keduanya, yang perlu ditegaskan adalah untuk membedakan bisa dilihat dari kelebihan dan juga kekurangan dari masing-masing elemen.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *