Pengertian Multimedia

4 min read

Deskripsi: Pengertian multimedia dan fungsi, serta manfaatnya.


Semakin berkembangnya zaman semakin pula berkembangnya akal manusia untuk menciptakan teknologi yang lebih canggih yang masih memiliki kemungkinan untuk mengalami perkembangan yang cukup pesat pula.

Sebuah teknologi yang memudahkan manusia menyampaikan informasi kepada khalayak umum  yang memiliki sebutan multimedia.

Pada artikel kali ini, Anda akan mempelajari multimedia. Namun, sebelum Anda berlanjut pada topik pembahasan perihal multimedia lebih jauh, apa yang Anda tahu tentang pengertian multimedia? Kalau begitu, mari berkenalan terlebih dahulu dengan multimedia.

Pengertian Multimedia
pengertian multimedia, via canva.com

Apa itu Multimedia?

Arti Multimedia menurut bahasa, berasal dari kata multi dan media, multi memiliki arti banyak sedangkan media adalah bentuk jamak dari medium yang berarti sarana.

Jika disatukan multimedia memiliki arti alat-alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk apapun dalam dunia digital.

Pengertian Multimedia Secara Umum

Secara umum multimedia memiliki arti sarana untuk menyampaikan informasi berupa video, gambar, desain grafis, tekstual dan lain-lain yang dibentuk dalam format digital.

Masyarakat yang sehari-hari memakai multimedia terkadang tidak tahu bahwa barang yang mereka gunakan adalah barang multimedia.

Multimedia secara umum juga, memiliki arti yang bermacam-macam mulai dari media untuk menyampaikan informasi sampai hasil olahan data atau informasi yang berbentuk digital.

Pengertian multimedia menurut bahasa berkaitan karena segala anggapan bermula dari arti kata.

Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli

1. Comick

Mc Comick mengemukakan pendapatnya pada tahun 1996, bahwa menurutnya multimedia memiliki tiga buah elemen penting di dalamnya, yaitu gambar, tulisan dan suara.

2. Robin dan Linda

Robin dan Linda mengemukakan pendapatnya tentang pengertian multimedia pada tahun 2001.

Menurut keduanya ini multimedia adalah sebuah alat atau media yang lebih interaktif dan dinamis yang dapat digunakan dan membantu dalam presentasi dimana penggunanya dapat menggabungkan atau mengkombinasikan bermacam-macam jenis data seperti teks, video, audio dan animasi.

3. Hofstekter

Pada tahun 2001, Hofstekter mengemukakan pendapatnya tentang multimedia.

Menurut Hofstekter multimedia adalah pemanfaatan media seperti komputer atau laptop yang dijadikan sebagai pembuat data seperti gambar, teks, audio dan data digital lainnya dan menyatukannya dengan menggunakan perangkat lunak yang dapat membuat penggunanya berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

4. Rosch

Rosch mengemukakan pendapatnya pada tahun 1996 tentang multimedia bahwa multimedia adalah gabungan atau kombinasi dari komputer dan data digital berupa video.

5. Turban

Turban memiliki gagasan yang dibentuk juga dengan kawan-kawannya yang kemudia ndikemukakan pada tahun 2002 tentang multimedia.

Multimedia memiliki arti penggabungan satu media dengan media lain baik input maupun output,berupa audio, video, animasi dan sebagainya.

6. Steinmetz

Beliau memaparkan pendapatnya tentang pengertian multimedia bahwa multimedia adalah gabungan dari sekurang-kurangnya sebuah media yang bernama diskrit dan kontinu.

Diskrit berarti data yang tidak memiliki waktu atau durasi di dalamnya contohnya teks dan grafik, sedangkan media kontinu adalah media yang memiliki waktu atau durasi didalamnya, contohnya video dan audio.

7. Vaughan

Menurut Vaughan multimedia adalah kombinasi dari beberapa data digital berupa suara, video, animasi dan sebagainya yang dikirim pada orang lain melalui alat elektronik atau dengan manipulasi digital.

Apa Saja Unsur-unsur Multimedia?

Multimedia adalah data berupa digital yang kemudian dijadikan informasi ketika data tersebut disampaikan pada orang lain.

Melalui multimedia informasi disampaikan dalam media yang lebih kreatif dan lebih menarik, sehingga informasi yang disebarkan dapat dinikmati banyak orang. Apa saja sih unsur-unsur multimedia?

1. Gambar

Gambar adalah sebuah data digital yang memberikan informasi dengan metode deskriptif dengan cara memberikan illustrasi visual atau penglihatan yang statis atau tidak bergerak. Contohnya foto dan lukisan.

2. Audio

Audio adalah data digital yang tidak menunjukkan illustrasi lewat penglihatan, sama seperti gambar. Namun, audio hanya memberikan informasi lewat suara secara dinamis. Contohnya musik dan rekaman.

3. Video

Video merupakan beberapa data digital yang digabungkan yaitu gambar dalam video menjadi bergerak dan diselaraskan dengan data audio, bahkan jika dibutuhkan dapat ditambahkan teks dalam data video namun.

Gambar yang dipakai berupa sebuah foto, video secara etimologis memiliki arti gambar atau data dinamis. Biasanya video dibuat menggunakan kamera yang memiliki fitur video.

4. Animasi

Animasi merupakan gambar yang didesain menggunakan aplikasi, lalu gambar tersebut dibuat bergerak. Animasi adalah gambar tiruan dari suatu yang nyata, walaupun buatan animasi mampu memberikan informasi yang jelas.

5. Teks

Teks adalah data berupa tulisan yang biasanya digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan sebuah peristiwa atau sebuah objek dengan kalimat.

Contohnya seperti artikel ini, yang memberikan informasi secara tertulis.

Alat-alat Apa Saja yang Digunakan dalam Multimedia?

Multimedia merupakan buah dari teknologi yang selalu berkembang, yang berarti multimedia juga dapat berkembang.

Multimedia menggunakan alat-alat untuk menyampaikan informasi, karena tanpa teknologi yang mumpuni multimedia akan padam.

Alat-alat yang digunakan antara lain sebagai berikut:

1. Komputer/Laptop

Perangkat keras ini adalah perangkat yang biasa digunakan untuk membuat dan mengakhiri proses pembuatan atau tahap finishing dalam menciptakan sebuah karya multimedia.

Data yang dapat dibuat dalam komputer yaitu teks, animasi dan video.

2. Televisi

Televisi adalah perangkat yang digunakan untuk menyebarkan informasi digital kepada khalayak umum. Televisi ini adalah salah satu alat yang digunakan untuk multimedia, namun dalam hal penyebarannya.

3. Telepon Genggam

Telepon genggam atau handphone adalah alat multimedia yang paling ringan dan dapat dibawa ke mana saja. Handphone merupakan alat multimedia yang dapat menghasilkan audio, teks, gambar, video bahkan animasi.

Sekarang ini fungsi handphone menyerupai komputer/laptop dalam multimedia, karena dapat menghasilkan data digital yang sama, bahkan handphone dapat menghasilkan gambar, video dan audio, karena memiliki kamera.

4. Kamera

Kamera adalah perangkat multimedia yang dapat menghasilkan gambar, audio dan video.

5. Proyektor

Proyektor memiliki fungsi seperti televisi, karena proyektor digunakan untuk memberikan informasi yang sudah dibuat oleh multimedia.

Hanya saja jangkauannya relatif lebih sempit dan tidak semua orang memiliki proyektor.

Lalu, Apa Saja Fungsi Multimedia?

1. Sebagai Sarana Pendidikan

Multimedia dalam dunia pendidikan sangat penting karena untuk menyampaikan materi pada para pelajar, harus menggunakan metode yang menarik.

Salah satunya agar materi yang disampaikan dapat diingat dengan mudah. Para guru juga harus memiliki metode yang baik dalam membuat multimedia sebagai sarana pembelajaran.

Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mengikuti perkembangan zaman, dengan menggunakan multimedia, guru dapat mengajarkan murid-muridnya cara menggunakan multimedia dalam dunia pendidikan.

2. Sebagai Sarana Pembagi Informasi

Multimedia juga dapat sebagai pemberi informasi yang lebih detail, bahkan lebih menarik dan mudah dimengerti.

Selain itu juga, informasi yang disampaikan lewat multimedia lebih singkat, karena banyak cara dalam multimedia untuk menyampaikan informasi.

3. Sebagai Sarana Hiburan

Hiburan dapat diciptakan dengan mudah melalui multimedia, karena era sekarang ini banyak hiburan yang diciptakan memakai teknologi multimedia, contohnya seperti film dan musik.

Hiburan dalam multimedia juga memiliki daya tarik yang bagus, tentunya tergantung dari penciptanya. Hal itulah yang kemudian membuat multimedia memiliki jati diri dan kualitas hiburan yang baik.

Pada bagian lain pun multimedia selalu memiliki kesan hiburan dalam penggunaannya, karena dalam segi visualisasi multimedia dapat membuat audiencenya nyaman.

4. Sebagai Pengetahuan

Segala hal yang akan dipelajari tentunya membutuhkan informasi dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

Bagi Anda yang ingin mempelajari multimedia hendaknya mulai cari informasi seputar multimedia dan cara menggunakannya, sekarang ini multimedia sedang banyak dibutuhkan dalam segala bidang dan lapangan pekerjaan.

Bagi Anda yang ingin mempelajari multimedia lebih jauh lagi pergilah ke universitas dan lakukan kegiatan pembelajaran disana denga mengambil jurusan multimedia.

Pengetahuan tentang multimedia mulai dari teori dan prakteknya dapat anda dapatkan di ruang lingkup universitas, multimedia sebagai pengetahuan yang mengikuti perkembangan zaman, dapat dipastikan bahwa bidang ini tidak akan redup jika teknologi tidak hilang.

Setelah membaca artikel ini, apakah pengetahuan Anda bertambah ? Demikianlah pengertian multimedia dan manfaatnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan berguna bagi kehidupan Anda.

Baca juga: Pengertian Audio dan Media Audio

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *