Pengertian Router

3 min read

Router adalah teknologi penting yang sebagian besar kita miliki di rumah kita, tetapi banyak dari kita yang tidak benar-benar memahaminya.

Faktanya, sebagian besar orang bahkan tidak menyadari apa itu router secara teknis dan apa bedanya dengan modem.

Untungnya, Artikel ini ada untuk Anda agar dapat lebih memahami perangkat jaringan Anda. Mulai dari yang paling dasar yaitu pengertian router sampai keuntungan dan kerugian jika kita menggunakan Router.

pengertian router
Pengertian Router, image via https://tokopedia.com/

Pengertian Router

Lapisan jaringan (Layer 3) dari perangkat model referensi OSI yang menghubungkan jaringan komputer melalui koneksi kabel atau nirkabel.

Router jaringan menerima, menganalisis, melakukan fungsi pengarahan lalu lintas dan meneruskan paket data dari satu jaringan ke simpul tujuan.

Pengertian Router adalah perangkat yang meneruskan paket antar jaringan dengan memproses routing termasuk paket.

Fungsi Router

1. Keamanan: LAN beroperasi dalam mode siaran. Informasi yang diambil atau dikirim berlanjut ke jaringan dan melintasi seluruh sistem kabel.

Hanya stasiun yang secara khusus ditangani yang benar-benar membaca data, tetapi data tersebut disajikan secara fisik ke setiap stasiun.

2. Reliabilit: Jika satu jaringan turun karena server telah berhenti berfungsi atau karena kesalahan pada kabel, jaringan dan departemen lain yang dilayani oleh router tidak akan terpengaruh.

Router internet mengisolasi jaringan yang terpengaruh, karenanya jaringan yang tidak terpengaruh meskipun terhubung, tidak mengalami penghentian kerja atau kehilangan data.

3. Peningkatan kinerja dalam jaringan individual: Misalkan jaringan memiliki 12 workstation, masing-masing menghasilkan sekitar jumlah lalu lintas yang sama.

Dalam lingkungan jaringan tunggal, semua lalu lintas untuk 12 stasiun kerja tersebut menggunakan kabel yang sama.

Tetapi jika jaringan dibagi menjadi dua jaringan masing-masing enam stasiun kerja, beban lalu lintas dipotong setengah.

Setiap jaringan memiliki server dan hard disk sendiri juga sebagian besar mandiri, jadi lebih sedikit PC yang menuntut sistem pemasangan kabel jaringan.

4. Jangkauan Jaringan: Di beberapa jaringan, misalnya, panjang kabel tidak boleh melebihi 1.000 meter. Router secara efektif menghapus batasan ini dengan melakukan fungsi repeater dan menyusun kembali sinyal.

Jangkauan fisik dapat berupa apa pun yang diperlukan oleh instalasi tertentu, asalkan router dipasang sebelum rentang kabel maksimum terlampaui.

Jenis-jenis Router

Banyak jenis Router hadir di pasar saat ini yang tergantung pada kebutuhan setiap perusahaan. Cisco adalah produsen utama router, sebagian besar router Cisco digunakan untuk mengatur jaringan perusahaan besar dan bahkan ISP.

Secara garis besar router dibagi menjadi tiga kategori yang tergantung pada kebutuhan perusahaan.

1. Internet Connectivity Routers

Router ini digunakan dalam Border Gateway Protocol untuk pertukaran informasi. Jenis router ini selanjutnya dibagi menjadi empat kategori lagi.

2. Edge Router

Router Edge atau perangkat egde jaringan (mengacu pada sistem host, yang dapat meng-host aplikasi seperti browser web) Adalah paket data antara LAN dan jaringan Asynchronous Transfer Mode (ATM).

3. Subscriber Edge Router (SER)

Subscriber edge router (SER) Juga dikenal sebagai router Customer Edge. Router Edge pelanggan menggunakan protokol EBGP, yang digunakan dalam organisasi (perusahaan).

4. Inter Provider Border Router

Router perbatasan penyedia inter digunakan untuk Interkoneksi ISP. Router perbatasan penyedia inter menggunakan protokol BGP untuk speake.

5. Core Router

Sebuah router menjadi bagian integral dari LAN (Local Area Network) disebut core router. Router inti menggunakan protokol BGP internal.

Router inti memiliki fungsi khusus dalam VPN, yang didasarkan pada kombinasi protokol BGP dan Protokol Pengalihan Label Multi-Protokol.

6. Router jenis SOHO

Satu jenis router lainnya adalah router SOHO. Ini digunakan untuk koneksi jaringan lain di wilayah geografis kecil yang dikenal sebagai konektivitas SOHO.

Cara Kerja Router

Router memeriksa alamat IP tujuan header paket dan membandingkannya dengan tabel routing, menentukan paket terbaik.

Tabel routing mendaftar arah untuk meneruskan data ke tujuan jaringan tertentu, kadang dalam konteks variabel lain, seperti biaya.

Mereka berjumlah seperangkat aturan algoritmik yang menghitung cara terbaik untuk mengirimkan lalu lintas ke alamat IP yang diberikan.

Tabel routing sering menentukan rute default, yang digunakan router ketika gagal menemukan opsi penerusan yang lebih baik untuk paket yang diberikan.

Misalnya, router rumah kantor tipikal mengarahkan semua lalu lintas keluar sepanjang satu rute standar ke penyedia layanan internet (ISP).

Tabel perutean bisa statis-mis.. Dikonfigurasikan secara manual atau dinamis. Router dinamis secara otomatis memperbarui tabel routing berdasarkan aktivitas jaringan, bertukar informasi dengan perangkat lain melalui protokol routing.

Banyak router juga melakukan terjemahan alamat jaringan (NAT), melindungi alamat IP pribadi dari jaringan area lokal (LAN) dengan mengatur ulang semua lalu lintas keluar dengan satu alamat IP publik bersama.

NAT membantu menghemat alamat IP yang valid secara global dan meningkatkan keamanan jaringan.

Cara Mengelola Router

Anda perlu melakukan perubahan pada cara kerja jaringan. Ini dilakukan dengan mengakses perangkat lunak router.

Alasannya Anda harus masuk ke router adalah jika Anda ingin mengubah kata sandi login router, mengenkripsi jaringan, mengatur aturan port forwarding, mengubah kata sandi wi-fi, memilih nama jaringan nirkabel yang berbeda, atau memperbarui firmware pada router.

Perlu Anda ketahui pula bahwa ada beberapa tugas umum lainnya juga yang terkait dengan mengelola router melibatkan me-reboot router dan hal tersebut menjadi sepenuhnya mengatur ulang perangkat lunak router.

Perbedaan antara Modem dan Router

Perbedaan utama antara modem vs router adalah, Modem adalah perangkat antar-jaringan, sedangkan Router adalah perangkat Jaringan.

Modem bekerja pada lapisan data link (Layer 2) dari model referensi OSI, di sisi lain router bekerja pada Network Layer (perangkat Layer 3).

Modem dapat menghubungkan hanya satu perangkat. Sementara Router dapat menghubungkan beberapa perangkat.

Modem dapat digunakan untuk menghubungkan PC rumahan ke internet. Rute dapat berbagi (atau “rute”) informasi antara jaringan komputer.

Manfaat dan Kelebihan Router

  1. Menyediakan koneksi antara arsitektur jaringan yang berbeda seperti ethernet & token ring dll.
  2. Memilih jalur terbaik di internetwork menggunakan algoritma routing dinamis.
  3. Mengurangi lalu lintas jaringan dengan membuat domain collision dan juga dengan membuat domain broadcast.
  4. Menyediakan perutean yang canggih, kontrol aliran dan isolasi lalu lintas.
  5. Dapat dikonfigurasi yang memungkinkan manajer jaringan membuat kebijakan berdasarkan keputusan perutean.

Kelemahan Router

  1. Beroperasi berdasarkan protokol jaringan yang dapat dirutekan.
  2. Mereka lebih mahal dibandingkan dengan perangkat jaringan lainnya.
  3. Communications Komunikasi router dinamis dapat menyebabkan overhead jaringan tambahan. Ini menghasilkan bandwidth yang lebih sedikit untuk data pengguna.
  4. Lebih lambat karena mereka perlu menganalisis data dari layer-1 hingga layer-3.
  5. Membutuhkan banyak konfigurasi awal.
  6. Perangkat yang bergantung pada protokol yang harus memahami protokol yang diteruskan.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian router, fungsi, jenis-jenis, cara kerja, cara mengelola, perbedaan, keuntungan dan kekurangan router. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga semakin menambah wawasan Anda.

Baca juga: Pengertian Bridge

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *