Apa itu Spam?

3 min read

Apa itu Spam
apa itu spam, via canva.com

Apa itu Spam?

Secara umum pengertian Spam adalah pengiriman pesan yang dilakukan kepada orang lain menggunakan media elektronik tanpa diinginkan oleh penerimanya. Dalam email, spam juga disebut dengan junk mail atau pesan sampah.

Spamming sendiri adalah aktivitas penyalahgunaan pengiriman pesan. Spammer atau orang yang mengirimkan spam menyalahgunakan dengan mengirimkan pesan iklan atau promosi yang tidak diinginkan atau dibutuhkan si penerima.

Spam sendiri akan menimbulkan ketidaknyamanan kepada penerima karena spam dapat mengurangi ruang simpan pada kotak masuk. Nah, setelah mengetahui apa itu Spam, berikut tujuan dari kirimkannya pesan spam.

Tujuan Spamming

1. Tujuan Pengiriman Spam

Mengirimkan pesan spam dilakukan karena caranya yang praktis. Spamming juga dilakukan karena tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Cukup dengan koneksi internet, spammer dapat mengirimkan pesan spam. Spammer memiliki beberapa tujuan pengiriman pesan spam. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

2. Tujuan Promosi Bisnis

Pelaku bisnis ingin mempromosikan produknya dengan cara yang murah tapi menjangkau semua kalangan. Namun, terdapat beberapa pihak yang ingin mempromosikan produknya dengan melakukan tidakan yang kurang etis.

Salah satunya adalah dengan cara spamming. Isi pesan spam biasanya adalah pesan yang menawarkan produk bisnis atau jasa.

Bentuk pesan spam dapat dari pribadi maupun perusahaan. Bahkan terdapat perusahaan yang menjadikan spamming melalui email atau sms sebagai alat promosi utamanya.

3. Tujuan Penipuan

Pesan spam yang bertujuan untuk modus penipuan saat ini banyak ditemukan melalui media email, sms, atau jejaring sosial.

Ada beberapa modus penipuan yang biasa terdapat pada pesan spam contohnya pengambil alihan akun online (phising), pemerasan uang, pencurian data dan masih banyak lagi.

Salah satu modus penipuan dengan pesan spam adalah pengambil alihan akun online (phising). Biasanya sasaran utamanya adalah seseorang yang mempunyai akun market place atau dompet digital.

Pelaku akan mengirimkan pesan berisi jika penerima telah mendapatkan hadiah undian. Cara penipuannya yaitu pelaku sudah memberikan link ke situs tertentu di dalam pesan spam.

Di situs tersebut si penerima perlu login menggunakan akun email yang alamat email dan password korban sudah direkam oleh pelaku.

3. Hanya Iseng

Terdapat beberapa orang yang menggunakan spam sebagai hiburan saja atau iseng. Walaupun tidak melakukannya dengan tujuan mempromosikan bisnis atau penipuan, si penerima tetap akan mendapatkan kerugian karena merasa terganggu.

Contohnya adalah mengirimkan link website di kolom komentar blog atau link situs porno di media sosial.

Dampak Pengiriman Spam

Pesan spam yang dikirimkan tidak mempunyai manfaat sama sekali untuk penerimanya adalah bukti bahwa spam hanya berdampak buruk bagi penerimanya. Terdapat beberapa dampak negatif masuknya pesan spam, seperti.

  1. Waktu menjadi tidak efektif karena harus menghapus pesan spam yang menumpuk dari perangkat Anda.
  2. Menghapus pesan spam yang menumpuk dapat menghabiskan daya baterai pada perangkat smartphone atau laptop Anda. Ini berpengaruh terhadap pemakaian gadget untuk aktivitas sehari-hari karena penggunaan gadget pada saat ini sangat penting.
  3. Menghabiskan kuota internet atau bandwidth jaringan internet karena data yang dipakai habis dengan percuma karena digunakan untuk menghapus pesan spam.
  4. Website atau blog yang dipenuhi komentar spamming akan menjadi lambat karena memproses berbagai komentar spam.
  5. Malware atau virus akan mudah masuk ke perangkat elektronik Anda jika terdapat pesan spam yang tersusupi malware atau virus.

Contoh Spam

Dalam aktivitas sehari-hari terdapat banyak sekali bentuk pesan spam yang terjadi. Tentunya Anda harus mengetahui berbagai bentuk spamming agar terhindar dari dampak negatif yang ditimbulkan.

Berikut ini adalah beberapa contoh bentuk spam.

1. Spam Email

Pesan spam yang dikirimkan melalui email adalah spam yang paling sering terjadi saat ini. Memang bentuk spam yang masuk melalui email tidak akan masuk ke menu kotak masuk/ inbox, tapi akan masuk ke menu spam.

Pengirim mengirimkan spam email secara massal yang si penerima pesan spam tersebut tidak memintanya.

Spam email bisa terjadi karena jaringan virus yang telah masuk ke perangkat elektronik Anda. Jaringan tersebut dinamakan jaringan zombie.

Spam email bisa juga terjadi karena si penerima pesan spam pernah dengan sengaja atau tidak mendaftarkan emailnya ke website tertentu.

2. Spam SMS

Bentuk spam melalui pesan singkat atau SMS juga kerap terjadi ke sebagian orang. Tujuannya berbagai macam dari promosi produk atau jasa, hingga penipuan.

Si pengirim pesan spam SMS melakukan aksinya dengan menggunakan software SMS blast.

Software ini berfungsi sebagai pengirim pesan singkat dengan jumlah nomor ponsel yang banyak sekaligus dalam satu waktu.

Pengirim mendapatkan nomor ponsel dari data-data yang sebelumnya pernah di isi penerima dengan menyertakan nomor ponsel.

Jangan sekali-kali memberikan nomor ponsel jika tidak mempunyai kepentingan yang jelas.

3. Spam Komentar di Blog dan Sosial Media

Di dalam blog dan sosial media juga terdapat bentuk spamming. Untuk blogger bentuk spam yang mereka rasakan adalah dalam bentuk komentar.

Para spammer menggunakan software yang dapat membuat komentar menjadi sangat banyak. Tentunya ini menganggu para blogger karena tidak memiliki manfaat sama sekali.

Untuk pengguna sosial media, bentuk pesan spam yang diterima biasanya juga melalui kolom komentar. Spammer menggunakan kolom komentar untuk dijadikan sebagai media promosi produk dan jasa.

Para pengguna media sosial pun merasa terganggu karena mereka tanpa izin melakukan promosi produk di akun sosial media si pengguna.

4. Spamdexing

Mungkin bentuk spam ini tampak asing bagi Anda. Spamdexing adalah singkatan dari spamming dan indexing. Spamdexing dapat juga disebut spam mesin pencari.

Cara kerja dari spamdexing adalah menempatkan situs-situs spam di mesin pencari sehingga mendapatkan trafik yang tinggi.

Tips agar Terhindar dari Pesan Spam

Untuk menghindari masuknya pesan spam Anda tidak perlu memanggil ahli IT untuk menanganinya. Anda dapat melakukannya sendiri untuk mencegahnya.

Saat ini terdapat beberapa fitur pada penyedia layanan email yang berfungsi untuk melindungi kotak masuk Anda dari pesan spam. Berikut adalah diantaranya.

1. Filter Spam

Fitur ini sudah banyak digunakan oleh penyedia layanan email untuk menjaga email Anda dari pesan spam yang masuk ke inbox. Fitur ini akan memerika terlebih dahulu setiap pesan yang akan masuk bersifat spamming atau tidak.

Walaupun pesan spam yang terdeteksi tetap akan masuk ke folder spam, fitur ini setidaknya menghindarkan Anda dari bahaya phising.

Anda juga dapat melaporkan pesan spam dengan fitur “report spam”. Fitur ini membantu Anda untuk menyaring pesan-pesan yang serupa agar tidak masuk lagi ke email Anda.

2. Nonaktifkan Tampilan Gambar Otomatis

Pada saat Anda membuka email yang berisi gambar, biasanya secara otomatis akan menampilkan isi dari gambar tersebut.

Spammer akan mengetahui bahwa email Anda adalah email yang aktif untuk selanjutnya spammer akan mengirim pesan spam yang lebih banyak.

Anda dapat mematikan fitur tampilan gambar otomatis untuk menghindarinya. Fitur ini terdapat pada menu settings.

Jika Anda sudah menonaktifkannya, pesan berisi gambar tidak akan otomatis muncul dan spammer tidak akan mengetahui jika email Anda adalah email aktif.

Itulah beberapa penjelasan singkat dari apa itu Spam, tujuan, dampak, contoh-contoh bentuk spam dan tips agar terhindar dari pesan spam. Sebagai pengguna perangkat elektronik sebaiknya lebih bijak dalam penggunaanya.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: Pengertian Email

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *