Struktur Basis Data (Database)

3 min read

Struktur basis data – Saat membuat database, kita perlu data yang benar supaya data yang dihasilkan tidak salah atau tertinggal. Data yang sudah terkumpul berikutnya dibuat menjadi sistem basis data yang didalamnya ada beberapa bagian penting.

Bagian dari struktur yang dimaksud adalah field, record, table, file dan data. Lantas apa pengertian dari bagian-bagian struktur basis data?

Sebelum membahas informasi tersebut, ada beberapa hal yang perlu disampaikan. Pencatatan data didalam databasse tidak boleh salah atau keliru sedikitpun.

Pasalnya akan memberi kesalahan fatal di kemudian hari. Pastikan data yang dimasukkan sama dengan kondisi saat itu agar tidak simpang siur ketika digunakan.

Bagian bagian Database
bagian-bagian database, via canva.com

Pengertian Field, Record, Table, File, Data dan Basis Data

Sebelum membahas lebih jauh seputar database, perlu diketahui komponen penting didalamnya. Berikut pengertian setiap komponen penting ketika membuat database.

  • Pengertian Field

Istilah field merujuk pada kumpulan berbagai karakter didalam database yang mempunyai arti didalamnya.

Misal didalam field ada info seputar No. Barang atau sebagainya, maka paparan field harus ada kaitannya dengan nomor barang dan tidak boleh melenceng dari pembahasan tersebut.

Field adalah kolom didalam tabel yang bisa diisi nama tertentu.

  • Pengertian Record

Record adalah kumpulan field yang sudah lengkap didalam basis data. Kumpulan tersebut biasanya dihitung di satuan baris yang telah tersedia di database.

  • Pengertian Tabel

Tabel disebut sebagai kumpulan record dan field yang sudah lengkap di sistem database.

  • Pengertian File

File menunjukkan kumpulan beberapa record yang bisa menggambarkan informasi data tertentu dengan baik dalam sebuah database. Contoh file yang ada didalam database adalah informasi berisi data yang berisikan nama barang tertentu didalamnya.

  • Pengertian Data

Data merupakan kumpulan kejadian dan fakta yang bisa dipakai untuk penyelesaian masalah berbentuk informasi khusus didalam database.

Data bisa tercantum dalam bentuk bunyi, gambar, teks, simbol, angka, huruf atau kombinasi beberapa didalamnya.

  • Pengertian Basis Data atau Database

Database atau sering juga disebut basis data adalah istilah yang terbentuk dari dua kata berbeda. Basis adalah gudang atau pusat berkumpulnya sesuatu.

Sedangkan data adalah kumpulan fakta yang mewakili objek tertentu seperti barang, manusia, benda dan masih banyak lainnya.

Basis data adalah sekumpulan data yang telah terorganisir dengan rapi dan baik oleh sistem. Semua data tersebut bisa disimpan, dimanipulasi dan bisa dipanggil kapan saja oleh penggunanya.

Data bisa digunakan dimana saja dan dikembangkan dengan teknologi apapun sesuai keinginan pengguna.

Untuk pembahasan lebih khusus database bisa kamu baca di pengertian database.

Manfaat Menggunakan Basis Data

Didalam penggunaan basis data yang didalamnya berisi field, record, table, file dan data, banyak manfaat yang bisa didapat pengguna.

Baik diakses secara pribadi, kelompok atau perusahaan. Adapun manfaat yang dimaksud adalah:

  1. Menjadi komponen penting didalam sistem informasi yang diperlukan individu atau perusahaan. Pasalnya basis data menjadi dasar informasi yang dibutuhkan pengguna.
  2. Menambah kualitas informasi dengan akurat, relevan dan cepat. Akhirnya setiap informasi yang diberikan basis data tidak basi atau jadul. Informasi dianggap berguna apabila manfaatnya lebih baik dibanding biaya untuk mendapatkannya
  3. Mengatasi masalah redundancy data atau rangkap data didalam sistem
  4. Menghindari masalah inkonsistensi data
  5. Basis data mengatasi kesulitan jika memperlukan data yang diperlukan
  6. Menambah kemudahan ketika menyusun data
  7. Database bisa digunakan banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan
  8. Database digunakan untuk perlindungan sekaligus keamanan data. Setiap data yang tersedia bisa diakses dan dimanipulasi pihak yang mendapat otoritas dengan login menggunakan akun dan password yang telah disiapkan
  9. Supaya pemakai bisa menyusun pandangan abstraksi data tersedia. Tujuannya agar menyederhanakan komunikasi antar pengguna dengan database dan sistem yang akhirnya bisa mempresentrasikan pandangannya masing-masing

Penerapan Istilah Field, Record, Table, File, Data Dan Basis Data

Semua aspek didalam komputer pasti berhubungan dengan basis data yang didalamnya ada komponennya tersebut.

Didalam organisasi, perangkat komputer bertugas untuk mengelola sistem informasi supaya meningkatkan tingkat daya saing, kecepatan, keakuratan keefektifan operasional didalam organisasi tersebut.

Sedangkan basis data merupakan komponen penting sistem informasi yang menjadi inti didalamnya. Basis data dibutuhkan supaya sistem informasi bisa berjalan dengan baik.

Berikut contoh penerapan basis data yang harus diketahui:

  • Perbankan, untuk mengelola data nasabah, data pinjaman hingga data tabungan. Bukan hanya itu, basis data juga diperlukan untuk membuat laporan akuntansi hingga pelayanan informasi nasabah dan calon nasabah.
  • Asuransi, basis data digunakan untuk mengelola data nasabah sampai data pembayaran premi setiap nasabah. Proses pengajuan asuransi juga membutuhkan basis data supaya lebih terstuktur.
  • Rumah sakit, basis data digunakan untuk mengelola sejarah penyakit pasien, menangani sistem pembayaran hingga keperluan lain.
  • Produsen barang, untuk mengelola data keluar dan masuk barang
  • Industri manufaktur, untuk membantu mengelola pemesanan barang, mengelola data seputar karyawan dan klient serta penerapan lainnya
  • Pendidikan, basis data digunakan untuk mengelola data guru dan siswa hingga penjadwalan kegiatan sekolah
  • Telekomunikasi, untuk mengelola informasi administasi data pelanggan, menangani berbagai gangguan dan keperluan lainnya.

Tujuan Penggunaan Basis Data

Secara umum, basis data memiliki tujuan tertentu demi kemudahan akses informasi yang diperlukan pengguna. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tujuan penerapan basis data didalam organisasi

  • Membuat para user mudah mendapat data yang ia perlukan
  • Menyediakan tempat khusus untuk menyimpan data yang relevan
  • Menghapus berbagai data yang dianggap tidak penting atau terlalu berlebihan didalam sistem
  • Melindungi data pribadi atau organisasi jika terjadi kerusakan fisik didalamnya
  • Memungkinkan terjadinya perkembangan lanjutan sistem dabatase yang lebih modern dan terorganisir didalamnya

Ciri Utama Basis Data

Basis data juga mempunyai ciri-ciri penting yang menjadi karakteristik pribadinya dibanding komponen lain didalam sistem informasi.

Pertama, basis data merupakan sistem yang bisa menyimpan data ke media penyimpanan seperti floppy disk ataupun harddisk.

Sehingga ada media khusus yang benar-benar dipakai untuk menyimpan segala bentuk data didalamnya.

Basis data juga dikenal sebagai sistem yang bekerja dengan pengolahan data yang bisa diubah, ditambahkan hingga dihapus sesuai keinginan pengguna.

Perintah kerja tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan juga terkontrol dengan media software khusus didalamnya. Didalamnya ada semacam tools yang bisa digunakan untuk perintah tersebut.

Selain itu, ciri utama basis data terakhir adalah data yang tersimpan didalam sistem bisa terpisah dari program utama sesuai keinginan pengguna.

Sehingga setiap data yang tersedia tidak akan ribet ketika diakses oleh pengguna. Ini memungkinkan pengguna mendapat data dengan cepat dan mudah kapanpun.

Itulah pengertian struktur basis data. Basis data adalah inti sistem informasi didalam komputer. Wajar jika pengolahan data sering dipelajari dan dikembangkan dengan teknologi modern masa kini supaya lebih menjanjikan dan selaras dengan tujuan organisasi.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *